Honda

Sehari Bisa Byar Pet 30 Kali, Kini Empat Lawang Miliki Gardu Induk yang Siap Beroperasi

Sehari Bisa Byar Pet 30 Kali, Kini Empat Lawang Miliki Gardu Induk yang Siap Beroperasi

Rencana pengoperasian Gardu Induk di Empat Lawang sudah sangat lama ditunggu warga Empat Lawang dan diperkirakan di 2023 bisa beroperasi.-Dok Palpres-Palpres.com

EMPATLAWANG, PALPRES.COM- Rencana pengoperasian Gardu Induk di Empat Lawang sudah sangat lama ditunggu warga Empat Lawang. Sudah bertahun-tahun listrik di Empat Lawang menerima pasokan dari daerah lain. 

Byar pet atau hidup mati aliran listrik juga bukan hal yang aneh karena ketergantungan listrik dari luar daerah. Karena itu jika GI sudah dioperasikan kendala listrik di Empat Lawang akan teratasi.

Rencananya PLN akan mengoperasikan GI Empat Lawang pada  2023 ini. Sebelumnya, proyek ini sempat terhenti beberapa tahun.

“Proses pembangunan gardu induk masih tetap berjalan. Insya Allah pada 2023 ini akan beroperasi Gardu Induk di Empat Lawang," kata Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Empat Lawang, Dedi Setiawan.

BACA JUGA:Miris, Saat ini Penyuluh Perikanan di Kabupaten Empat Lawang Hanya Ada 7 Orang

Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus melanjutkan pembangunannya.

Menurutnya jika Gardu Induk di Empat Lawang ini sudah ada, pasokan listrik di Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Saling, dan sekitarnya tidak akan menumpang ke daerah lain lagi.

“Kalau ada gardu induk, kita bisa bantu daerah lain, terus jika ada gangguan kita bisa cepat serta tegangannya juga lebih bagus,” jelas Dedi.

Selama ini tambahnya, pasokan listrik di Empat Lawang mengandalkan Gardu Induk daerah tetangga. Jadi jika daerah lain alami gangguan maka Empat Lawang juga akan mengalami gangguan.

BACA JUGA:Pejuang Literasi di Empat Lawang Rela Berangkat Subuh Tempuh Perjalanan 3 Jam ke Pelosok Demi Buka Perpusling

“Jalurnya panjang, berpotensi akan ada banyak gangguan, kesulitannya jika terjadi gangguan akan susah untuk mencari lokasi gangguan karena jalur yang harus ditelusuri panjang,” bebernya.

Lanjutnya jika Gardu Induk di Empat Lawang sudah selesai dan siap beroperasi akan dibuatkan jalur sehingga bisa membantu daerah di sekitar Empat Lawang. 

Ia juga menjelaskan untuk kendala pengoperasian Gardu Induk itu banyaknya kelengkapan material material yang beberapa waktu lalu dicuri dan akan dipasang kembali.

"Mohon doanya agar gardu Induk Tebing Tinggi bisa beroperasi secepatnya sehingga kabupaten Empat Lawang handal dalam kelistrikan serta mutu tegangan terjamin, sehingga meningkatkan revenue ke PLN," ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: