Honda

Disdukcapil Empat Lawang Targetkan Seluruh Honorer dan ASN Miliki KTP Digital Tahun ini

Disdukcapil Empat Lawang Targetkan Seluruh Honorer dan ASN Miliki KTP Digital Tahun ini

Loket Pembuatan KTP Digital di Kantor Disdukcapil Empat Lawang.-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM - KTP digital adalah pemindahan E-KTP (KTP elektronik) ke dalam bentuk digital pada handphone berupa foto maupun kode QR (QR code). Digitalisasi pada kartu identitas diri nantinya dapat dibuka melalui aplikasi khusus.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial melalui Kasi Siak Harry Truman, mengatakan bahwa di Kabupaten Empat lawang sudah menerapkan KTP digital, namun Baru ada 68 orang yang tercatat memiliki KTP digital.

"Karena Kabupaten Empat Lawang baru menerapkan akhir tahun 2022 kemarin. Baru ada 68 orang yang tercatat memiliki KTP digital." Jelas Harry Truman selaku Kasi Siak Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang. 

Ditambah olehnya, bahwa di Kabupaten Empat Lawang tahun 2023 ini menargetkan untuk seluruh PNS dan honorer harus sudah memiliki KTP digital.

BACA JUGA:MANTUL! THR dan Gaji ke 13 PNS di 2023 Tembus 20 Juta, Langsung Masuk Rekening

"Target kita di tahun ini seluruh PNS dan honorer di Kabupaten Empat Lawang harus sudah memiliki KTP digital," ucap Harry.

Perbedaan e-KTP dengan KTP digital sebenarnya tidak ada perbedaan. keduanya berlaku dimana saja, yang membedakannya yang satu dicetak dengan blanko yang satunya lagi download aplikasi di Handphone.

"Untuk pembuatan KTP digital cukup Download aplikasi IKD di Play Store. Untuk sementara Handphone android yang support. Ikuti petunjuk yang ada diaplikasi kemudian scan QR di kantor Dukcapil," jelasnya. 

Harry berharap bagi penduduk yang memiliki handphone android untuk memiliki KTP digital walaupun sudah memiliki e-KTP. Karena di aplikasi IKD bukan hanya KTP ada juga kartu keluarga, BPJS, NPWP, kartu vaksin. 

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan, Jual 5 Uang Koin Ini Kamu Auto Jadi Sultan!

"Imbauan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang untuk segera memiliki KTP digital, daftarkan diri melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di handphone masing-masing," imbau Harry. 

Mulai dari mencari informasi, telekomunikasi, berbelanja, memesan makanan, membuat video kreatif hingga melakukan pekerjaan.

Untuk itu, penting bagi Dukcapil Kabupaten Empat Lawang memenuhi kebutuhan data kependudukan masyakat ke dalam smartphone dengan membangun Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Identitas Kependudukan Digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: