Honda

Kabid Humas Polda Sumsel:Marhaban Ya Ramadan Kedatanganmu Kami Rindukan

Kabid Humas Polda Sumsel:Marhaban Ya Ramadan Kedatanganmu Kami Rindukan

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM usai Sholat Subuh di masjid Alaman Komplek Pakri Palembang.-Dok Palpres-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Nisfu Syaban merupakan salah satu malam yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. 

Dikutip dari kitab Durrotun nasihin serta berbagai kitab hadist lainnya Muslim kerap menyambut malam Nisfu Syaban dengan beribadah sepanjang malam. 

Beberapa amalan yang biasa dikerjakan saat malam nisfu syaban seperti shalat sunnah, membaca surah, serta berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM usai Sholat Subuh di masjid Alaman Komplek Pakri Palembang, Ahad 5 Maret 2023 menyebutkan peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, Nisfu Syaban jatuh pada mulai Selasa 7 Maret 2023 malam hingga Rabu 8 Maret 2023.

BACA JUGA:Divisi Humas Polri Beri Penghargaan Bagi 5 Polda se Indonesia Kategori ini?

Hal tersebut, menurutnya berdasarkan pengamatan di beberapa titik di Balai Rukyat Nahdlatul Ulama (NU) pada 20 Februari 2023 silam. 

“Dapat kita simpulkan bahwa hilal tidak terlihat, sehingga bulan Rajab 1444 H digenapkan menjadi 30 hari, dan 1 Syaban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023,” ujarnya.

Dan lebih kurang 16 hari lagi akan memasuki bulan suci ramadan Marhaban Ya ramadan kedatanganmu di rindukan yang ketentuan 1 ramadannya di tunggu pengumuman dari kementerian Agama Republik Indonesia.

“Untuk itu mari mulai saat ini kita isi kegiatan kita dengan nilai nilai ibadah sesuai lambang Polri Rastra Sewakottama, Polri adalah Abdi Utama dari pada Nusa dan Bangsa ajaknya,” saat dihubungi wartawan.

BACA JUGA:Kapolda dan Wakapolda Sumsel Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani, Materinya Push Up Hingga Lari Sejauh 2.400 Meter

Supriadi menerangkan, dari data yang kita baca dari berbagai media malam Nisfu Syaban atau Lailatul Mubarakah diperingati setiap tanggal 15 Syaban. 

Berbeda dengan kalender Masehi yang dimulai sejak tengah malam, pergantian hari pada kalender Hijriah dilakukan lebih cepat, yakni setelah Matahari terbenam atau waktu maghrib.

Oleh karena itu, Nisfu Syaban akan jatuh sejak Rabu 7 Maret 2023 setelah waktu maghrib hingga Kamis 8 Maret 2023 sebelum maghrib. 

"Sehingga sejak Selasa malam itu sudah masuk malam Nisfu Syaban," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: