Honda

Sungai Lingsing Lahat Meluap, Petani 5 Desa Panen Padi Lebih Awal, Ini Penyebabnya

Sungai Lingsing Lahat Meluap, Petani 5 Desa Panen Padi Lebih Awal, Ini Penyebabnya

Debit arus Air Sungai Lingsing yang deras, menyebabkan lima desa di Kecamatan Kikim Selatan banjir, Rabu 8 Maret 2023. Salah satu sawah warga yang terendam banjir.-Bernat-palpres.com

BACA JUGA:Emak-emak Pemilik KIS Cek Nama Disini! Bakal Ada 4 BLT yang Akan Cair Jelang Ramadan 2023

"Banyak tanaman padi yang dipanen, dan bahkan ada telah tenggelam. Oleh karena itu kita telah memberitahukan kepada pihak kecamatan untuk mengantisipasi kejadian ini lebih baik lagi, jangan sampai jatuh korban jiwa," tandasnya.

Sementara itu, Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE menuturkan, pihaknya telah menerima laporan dari Kades bahwasanya air Sungai Lingsing meluap sehingga membuat ratusan hektar sawah dan puluhan rumah warga terendam banjir.

"Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Dinas Sosial," tegasnya.

Terpisah, Kepala BPBD Lahat, Drs H Ali Apandi MPdi mengemukakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan adanya banjir di Kecamatan Kikim Selatan, melanda lima desa.

BACA JUGA:SIAP-SIAP! 4 BLT Ini Cair Awal Maret 2023, Cuma Modal NIK KTP Pemilik KIS Bisa Dapat

"Petugas segera turun ke lokasi, dan kepada penduduk untuk menjauh dari sungai dan mencari tempat yang aman," tukasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com