Honda

KPU Kota Lubuklinggau Targetkan Partisipasi Pemilih 90 Persen Pemilu 2024

KPU Kota Lubuklinggau Targetkan Partisipasi Pemilih 90 Persen Pemilu 2024

Sosialisasi Derah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi untuk Pemilu 2024 oleh KPU Kota Lubuklinggau belum lama ini. -Frans Kurniawan Palpres.com-

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau menargetkan pada pemilu 2024 mendatang untuk partisipasi pemilih mencapai 90 persen

Target itu sendiri langsung disampaikan Ketua KPU Kota Prabumulih, Topandri pada sosialisasi Derah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi untuk Pemilu 2024 belum lama ini. 

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri mengatakan, pihaknya menargetkan partisipasi pemilih di Kota Lubuklinggau mencapai 90 persen dengan metode 1 kartu keluarga (KK) harus 1 TPS dan terdekat dari tempat tinggal pemilih.

Mengenai pendataan DPT, Topandri meminta kepada parpol peserta Pemilu agar sama-sama mengawasi tahapan tersebut, karena menurutnya sejak pandemi, angka kematian cukup tinggi dan hal tersebut tidak terdata oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

BACA JUGA:Kroket Khas Belanda Hidangan Takjil Buka Puasa Ramadan 2023

“Disdukcapil tidak berhak menghapus data warga apabila tidak ada laporan kematian dari pihak keluarga yang meninggal. Hal ini riskan, jangan sampai yang sudah meninggal hidup lagi. Maksudnya saat di print out datanya muncul lagi,” kata Topandri.

Dirinya berharap masyarakat dapat melaporkan kematian keluarganya sehingga tak lagi terdata sebagai pemilih. 

“Takutnya blanko A5 ini disalahgunakan bahkan diperjualbelikan,” imbuhnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar menambahkan, mengenai pemilihan yang sering terjadi permasalahan adalah pemilih. Hal tersebut selalu terjadi dan belum terselesaikan.

BACA JUGA:Punya Tiga Koin Emas Ini, Siap-siap Diburu Kolektor

“Memang hal ini harus dikawal dengan baik sehingga tak ada pihak yang merasa dirugikan,” tegasnya.

Dia pun berharap dalam Pemilu nanti yang saat ini sudah memasuki tahapan, dapat berjalan kondusif dan lancar sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Mudah-mudahan di tahun politik ini situasi Kamtibmas tetap kondusif, karena hal itu modal utama kita. 

Kalau tidak kondusif, sulit bagi kita untuk melaksanakan aktifitas di kota tercinta ini,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: