Honda

Gelar Safari Ramadan 1444 H, Polda Sumsel Tingkatkan Silaturahmi

Gelar Safari Ramadan 1444 H, Polda Sumsel Tingkatkan Silaturahmi

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK M Si jabat tangan dengan beberapa tamu undangan di masjid Assaadah Mapolda, Kamis 30 Maret 2023.-Humas Polda Sumsel-palpres.com

BACA JUGA: Wow, Uang Kertas Kuno Ini Dihargai Setara 8 Mobil Avanza Terbaru!

Selain itu, lanjut Ustadz Sayyid Umari, Bulan Ramadan adalah bulan dengan penuh ampunan Allah SWT. 

 “Alangkah lebih baiknya untuk memasuki bulan Ramadan kita harus mempersiapkan diri sebelum memasukinya, yaitu pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban,” katanya.

Kedua bulan ini juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat, salah satunya untuk menyiapkan bekal untuk menyambut bulan Ramadan merupan bulan yang suci. 

“Patutlah sebagai muslim kita harus mempersiapkan diri memasukinya dengan cara yang suci pula, dengan apa kita mempersiapkan diri kita untuk menyambut bulan Ramadan,” tambahnya.

BACA JUGA:Punya 10 Keping Uang Koin Jenis Ini Bisa Bawa Pulang 1 Unit Honda PCX160

Dia mengatakan, bulan Rajab dan Sya’ban adalah waktu yang tepat untuk menyambut bulan suci Ramadan, karena pada bulan itu pula terkandung banyak keutamaan-keutamaan dan dapat dijadikan bekal untuk menyambut bulan suci ramadan

Keutamaan bulan rajab adalah sebagai salah satu bulan haram. Sebagaimana Rasullullah saw bersabda,”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” 

Dan yang lainnya bulan rajab adalah bulan yang didalamnya di lipat gandakan amal shaleh dan dilipatgandakan pula dosa, Allah swt berfirman “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Adapun keutamaan Bulan Sya’ban adalah Rasulullah banyak mengerjakan Puasa sunnah. Tidaklah Rasulullah berpuasa hampir satu bulan penuh, ketika pada bulan sya’ban (kecuali bulan ramadan).

BACA JUGA:Punya 3 Uang Kertas Kuno Ini, Bisa Beli 9 Honda Beat Keluaran Terbaru Buat Lebaran 1444 H Nanti!

Keutamaan bulan sya’ban ini diriwayatkan kepada abu salamah.

Aisyah RA menceritakan kepadanya Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan shaum (puasa) lebih banyak dalam sebulan selain Syaban. Beliau hampir melaksanakan shaum pada Sya’ban seluruhnya.

“Rasulullah sudah mencotohkan kepada kita tentang keutamaan bulan sya’ban kepada kita melalui amalan yang beliau lakukan pada bulan Sya’ban yaitu berupa puasa sunnah,” tuturnya.

Amalan di bawa naik kepada Allah swt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel