Honda

LUAR BIASA, Kades Banjarsari Turun Tangan Langsung Fogging Rumah Warga

LUAR BIASA, Kades Banjarsari Turun Tangan Langsung Fogging Rumah Warga

Kades Banjarsari Lahat lakukan penyemprotan asap ke rumah rumah warga-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Untuk menjaga sekaligus melindungi penduduk desa dari berbagai penyakit, terutama sekali disebabkan oleh gigitan nyamuk, Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarsari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten LAHAT bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan fogging (penyemprotan), di seluruh bagian rumah-rumah warga.

Bahkan, tak tanggung-tanggung orang nomor satu di desa pun ikut turun tangan, membantu petugas menyemprotkan asap ke segala arah, hingga ke dalam tempat menjadi potensi sarang nyamuk.

"Jangan sampai ada yang terkena baru bertindak, melainkan harus diantisipasi terlebih dahulu, sehingga sumber penyakit bisa lenyap dan tidak menyebarkan bibit penyakit," sebut Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Aldiansyah, Sabtu 1 April 2023.

Aldiansyah menerangkan, fogging ini sifatnya hanya sementara, akan tetapi, dengan melakukan 3M plus, menjadi kunci keberhasilan mencegah terjadinya demam berdarah maupun malaria.

BACA JUGA:Berenang Sembari Menunggu Waktu Berbuka, Yuk Cek Lokasinya

"Menguras bak mandi, mengubur barang-barang bekas dan menutupi tempat dengan rapat-rapat, dan pemberian bubuk Abate di titik yang ada airnya," urainya.

Makanya, sambung dia, guna menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar rumah masyarakat, pihaknya melakukan penyemprotan asap sehingga dapat membunuh nyamuk dewasa.

"Sedangkan untuk jentik nyamuk bisa dilakukan dengan cara melancarkan aliran air, memelihara ikan tempalo dan pemberian bubuk Abate, serta pemasangan kelambu mengandung bahan berinsektisida," tukas Aldiansyah.

Aldiansyah berharap, kepada seluruh masyarakat mari bersama-sama menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarang sehingga nantinya dapat menjadi sarang nyamuk.

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Gandeng Fakultas MIPA UGM Jogjakarta, Ini Tujuannya

"Paling penting adalah, ikuti saran dan masukan dari petugas Dinkes untuk terus menjaga kesehatan, dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Lahat, Taufik M Putra SKM MM melalui Petugas Lapangan, Ade membenarkan, bahwasanya pihaknya melakukan fogging di Desa Banjarsari, yang mana, seluruh rumah dilakukan penyemprotan.

"Ini merupakan langkah preventif yang dilakukan Kades, terlebih lagi, saat ini sedang musim hujan berpotensi penyebab DBD serta malaria," terangnya.

Ia mengemukakan, penyemprotan asap ini sifatnya hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan telur dan jentiknya tidak ikut mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: