Honda

Tarik Minat Siswa, SMAN 3 Lahat Tawarkan Mata Pelajaran Ekstra Produksi, Intip Yuk!

Tarik Minat Siswa, SMAN 3 Lahat Tawarkan Mata Pelajaran Ekstra Produksi, Intip Yuk!

Tampak tajuk kebanggaan Bumi Sriwijaya, yang terpasang di gerbang masuk SMAN 3 Lahat, merupakan hasil karya siswa-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Untuk memikat dan menjaring para siswa baru, tentu saja harus dilakukan oleh setiap sekolah dalam menerima mereka, tidak hanya melalui jalur prestasi semata, bisa juga dengan memaksimalkan potensi pembelajaran untuk dikembangkan.
 
Salah satunya, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Lahat, sudah beberapa tahun ini menerapkan 5 program pembelajaran yang menjadi unggulan bagi siswa.
 
"Betul, disini kita membuka yang namanya Ekstra Produksi antara lain, Mengelas, Design Grafis, Pembuatan Conblok, Florist (karangan bunga), dan Tata Boga," ujar Kepala SMAN 3 Lahat, Kusumawati SPd, Senin 24 April 2023.
 
Tentu saja, lanjut Kusumawati, untuk tenaga pengajarnya sendiri, pihak sekolah memberikan pelatihan dengan mengirimkan beberapa tenaga pengajar ke luar daerah.
 
 
"Mereka tentu saja, menekuni pelatihan dari salah satu 5 program pembelajaran yang disebutkan diatas, salah satunya teknik pengelasan yang kini telah mencapai level dua," sebutnya.
 
Bahkan, masih kata dia, dua siswa SMAN 3 Lahat ada yang diterima bekerja di PT PAMA Persada, dengan keahlian yang dimilikinya itulah menjadi modal berharga.
 
"Betul walaupun hanya lulusan SMA, tetapi bisa bekerja di perusahaan ternama, tetapi yang dibawa mereka itu adalah sertifikat," urai Kusumawati.
 
Kusumawati menuturkan, bangunan tajuk kebanggaan Bumi Sriwijaya yang terpasang di gerbang masuk sekolah, itu salah satu hasil buah karya siswa yang menggunakan ongkos produksi yang murah.
 
 
"Jadi, siswa selepas selesai belajar tidak langsung pulang ke rumah, melainkan ikut 5 program pembelajaran hingga sore hari, dan kreasi yang mereka buatkan tidak kalah dengan lainnya," paparnya.
 
Begitu pula dengan tata boga, Conblok, florist serta design grafis, semua yang dihasilkan oleh siswa kini telah memetik buahnya.
 
"Banyak kini yang memesan kue basah, kering, karangan bunga dan lain sebagainya.
 
Ini tentunya memberikan bimbingan bagi siswa, apabila lulus dari SMAN 3 Lahat, mereka telah mengantongi skill untuk menciptakan lapangan pekerjaan," terang Kusumawati.
 
 
Kusumawati berharap apabila dirinya pensiun, agar sekiranya kepada penerusnya jangan sampai menghilangkan 5 program ekstra produksi.
 
"Dengan adanya itu, Alhamdulillah jumlah siswa kini bertambah banyak dan peminat dari program pembelajaran dimaksudkan diatas pun semakin tinggi, untuk terus diasah dan dikembangkan," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: