Honda

Seperti Ini Sinergitas Pemkab, TNI dan Polri Dalam Pencegahan Karhutbunlah di Muba

Seperti Ini Sinergitas Pemkab, TNI dan Polri Dalam Pencegahan Karhutbunlah di Muba

Rapat Aktivasi Posko Karhutbunlah Kabupaten Muba di auditorium Pemkab Muba.-Kominfo Muba For Palpres.com-

BACA JUGA:Banyak Lahan Gambut di Muba, Wakapolda Sumsel Ingatkan Warga Bahaya Karhutbunlah dan Ilegal Drilling

Pemangku kebijakan baik pusat maupun daerah dapat menyederhanakan aturan untuk masyarakat. Seluruh pelaksanaan penanggulangan bencana di lapangan selalu dikontrol.

Oleh karena itu, lanjutnya dalam pertemuan ini mari kita menyamakan persepsi dalam mencegah dan menangani Karhutbulah di wilayah Kabupaten Muba.

Dikatakannya, kita perlu mengingatkan bahwa Karhutbunlah ini terjadi yang paling besar persentasenya lantaran faktor manusia. 

Untuk itu, tidak bosan-bosannya kita memberikan edukasi pada masyarakat tentang bahaya Karhutbunlah ini.

BACA JUGA:Kompak, Polres PALI dan Perusahaan Perkebunan Siap Hadapi Karhutlah

"Untuk mencegah dan menanggulangi bahaya Karhutla bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saja. Melainkan, juga menjadi tanggung jawab kita bersama,”tandasnya.

Sementara, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH dalam sambutannya menegaskan agar pihak terkait untuk pahami tugas masing-masing sesuai SK Bupati.

"prioritas utama penanganan pada pencegahan karhutla deteksi dan cegah dini (MUBA ZERO FIRE) siapkan personel dan materiil dalam menghadapi penanganan karhutbunla di wilayah Kabupaten Muba. 

Selanjutnya, segera aktifkan kembali posko-posko karhutla (Kecamatan dan lapangan) laksanakan pencegahan secara dini melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, himbauan, larangan dan maklumat karhutla. 

BACA JUGA:BURUAN JUAL, Koin Rp100 Rumah Gadang Dihargai Rp10 Juta, Gaskeun!

Serta tingkatkan intensitas patroli pada desa rawan karhutbunlah,"katanya.

Ia juga mengingatkan, untuk perusahaan perusahaan terutama yang wilayahnya yang rawan terjadi karhutbunlah agar memiliki excavator PC 100. 

Dikarenakan exavator PC 100 sangat efektif dalam mendukung kegiatan karhutbunla Jika dihadapkan dengan medan yang lahan gambutnya sangat tebal. Operasi Karhutbunlah Terpadu, Sinergitas dan keterpaduan dalam satu Komando,"pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: