Honda

Bawa Perubahan untuk Desa, Ini Akan Dilakukan Pemdes Tanjung Kurung

Bawa Perubahan untuk Desa, Ini Akan Dilakukan Pemdes Tanjung Kurung

PELATIHAN SDGS DESA : Kades Tanjung Kurung, Antoni dan perangkat desa berfoto bersama dengan Camat Kikim Selatan, usai mengikuti pelatihan SDGS Desa, Selasa 16 Mei 2023.-PEMDES TANJUNG KURUNG FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Guna membawa perubahan sekaligus peningkatan kualitas dan kuantitas dalam pelayanan, termasuk penggunaan dana desa, maka Pemerintah desa (Pemdes) Tanjung Kurung, Kecamatan Kikim Selatan, mengikuti pelatihan Sustainable Development Goals (SDGs) desa.

"Tujuannya merupakan role (aturan) pembangunan berkelanjutan, yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa (DD)," ungkap Kepala Desa (Kades) Tanjung Kurung, Antoni, Selasa 16 Mei 2023.

Antoni menyebutkan, dengan adanya pelatihan ini tentu saja mengupayakan dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, lalu ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian 

"Intinya pembangunan berkelanjutan. Sustainable Development Goals Desa akan diproyeksikan sebagai role pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030 mendatang," terangnya.

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Bansos BPNT Sembako Rp400.000 Cair Juni 2023 untuk 431 Daerah

Dirinya menambahkan, banyak hal yang harus direalisasikan untuk mewujudkan mimpi tersebut, sehingga Desa Tanjung Kurung ini kedepannya dikategorikan sebagai SDGs.

"Tentunya ini akan menjadi motivasi dan inspirasi, dalam memberikan informasi serta pelayanan kepada masyarakat, untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi," tegas Antoni.

Sementara itu, Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE menuturkan, pelatihan ini sangat penting sekali, sehingga dapat diketahui potensi yang ada di desa.

"Agar dapat dikembangkan sedemikian rupa, sehingga menjadi prioritas utama untuk membangun desa kedepannya," ulasnya.

BACA JUGA:Nih, 3 Koin Kuno Paling Dicari Kolektor, Ada yang Dihargai Rp3 Juta Loh!

Dirinya berharap, adanya program ini desa-desa yang ada akan terus menunjukan eksistensinya, terutama sekali dalam penggunaan anggaran desa, demi kemaslahatan dan kemajuan bersama.

"Pendek kata, semakin banyak hal-hal positif dari program ini, guna mendukung capaian indeks pembangunan manusia (IPM), termasuk juga pembangunan infrastruktur dan aspek lainnya," tandas Hermansyah HB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: