Honda

Pemkab Lahat Perbaiki Jembatan Penyeberangan Selangis, Hal Pertama Ini Mesti Dikerjakan

Pemkab Lahat Perbaiki Jembatan Penyeberangan Selangis, Hal Pertama Ini Mesti Dikerjakan

PINDAHKAN BATU : Tampak excavator sedang memindahkan batu dari Sungai Selangis, Kecamatan Gumay Ulu untuk memperbaiki jembatan, Kamis 18 Mei 2023.-Bernat Albar Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Dampak dari banjir bandang melanda wilayah di Bumi Seganti Setungguan, rupanya mempengaruhi fasilitas umum, seperti Jembatan Penyeberangan berada di Kecamatan Gumay Ulu, yang mana, pada pangkalnya terjadi longsor material tanahnya.

"Betul, untuk memperbaiki jembatan, yang harus dikerjakan pertama kali adalah, memindahkan bebatuan yang berada disekitar sarana tersebut," sebut Ketua Forum Kepala Desa (Kades) Gumay Ulu, Ahmad Yaumal, Kamis 18 Mei 2023.

Ahmad Yaumal menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat.

"Akhirnya, dibantukan satu unit alat berat (Alber) excavator. Setelah bebatuan dipindahkan barulah material tanah yang longsor, dapat diperbaiki sehingga kedepannya kendaraan bisa melintas normal," ungkapnya.

BACA JUGA:Hasil Pemuktahiran Data, 6 Golongan Ini Tidak Lagi Dapat Bansos PKH, BPNT dan KIS PBI

Sejauh ini, lanjut dia, akses jembatan yang dimanfaatkan bangunan lama. Itupun harus bergantian menyeberangnya sebab muat untuk satu kendaraan roda empat saja.

"Makanya, pihaknya terus memonitoring supaya pengerjaannya cepat selesai, dan arus lalu lintas (Lalin) kembali normal," terang Ahmad Yaumal.

Ahmad Yaumal mengemukakan, sebab sarana jembatan yang ada sekarang ini, salah satu urat nadi perekonomian maupun pemerintahan.

"Sebab, Kecamatan Gumay Ulu ini menghubungkan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam, dengan memangkas waktu hingga 45 menit, sehingga akses jalan mulai ramai," tegasnya.

BACA JUGA:BLT PIP Cair Lagi Rp1 Juta Juli 2023, Pelajar Tak Punya Kartu KIP Bisa Dapat, Cek Disini!

Senada, Kades Sumber Karya, Loniansyah menerangkan, sebelum ada akses jalan baru, jembatan Ayek Selangis ini menjadi salah satu fasilitas untuk mobil dan motor.

"Hingga detik ini pun masih ada kendaraan yang melintas, terutama bagi mobil bertonase besar maupun sedang," pungkasnya.

Terpisah, Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM membenarkan, bahwasanya jembatan penyeberangan Sungai Selangis ini, menjadi sarana bagi aktifitas masyarakat maupun pemerintahan.

"Untuk itulah, kami meminta agar sesegara mungkin untuk diperbaiki, semoga semuanya berjalan lancar dan kondusif," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: