Honda

Tips Berkendara Aman di Jalan Menanjak dan Menurun Tajam Ala Astra Motor Sumsel

Tips Berkendara Aman di Jalan Menanjak dan Menurun Tajam Ala Astra Motor Sumsel

Astra Motor Sumsel selaku main dealer sepeda motor Honda berbagi tips berkendara yang aman di jalan menanjak dan menurun tajam-Alhadi Farid-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Pernahkan anda melewati jalan yang menanjak atau menurun saat berkendara dengan sepeda motor?. 

Seperti yang diketahui kondisi jalan yang kita lintasi tidak selalu lurus dan mulus. Adakalanya kita akan dihadapkan dengan kontur jalan yang menanjak atau yang menurun tajam. 

Selain harus waspada, melewati jalan yang menanjak dan menurun juga membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Jika tidak pengendara bisa kehilangan keseimbangan dan terjatuh. 

Tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut bukan?

BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Edukasi Safety Riding Karyawan PT Sriwijaya Alam Segar

Untuk itu, Astra Motor Sumsel selaku main dealer sepeda motor Honda berbagi tips berkendara yang aman di jalan menanjak dan menurun tajam. 

Instruktur Safety Riding Astra Motor Sumsel, Erik Oktriansyah menjelaskan dalam berkendara dengan kondisi jalanan yang menanjak atau menurun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara. 

Pada posisi menanjak, pengendara motor berkopling harus memanfaatkan momentum dan posisikan perseneling pada posisi yang rendah. 

“Selain itu, postur badan juga harus diperhatikan saat akan melewati jalan menanjak. Postur badan condong ke depan dan siku ditekuk untuk mencegah roda depan terangkat dan menjaga keseimbangan kita ketika melewati tanjakan,”ungkap Erik Oktriansyah. 

BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Bekali Edukasi Safety Riding Siswa/i SMA Mandiri Palembang

Gunakan rem depan dan belakang saat berhenti di jalan tanjakan agar sepeda motor tidak bergerak ke belakang.

Lalu jika pengendara dihadapkan pada jalan menurun, yang harus dilakukan adalah memposisikan perseneling pada posisi yang rendah untuk motor berkopling.

“Kendalikan kecepatan aman berkendara lewati turunan dan dengan melakukan pengereman secara bergantian antara rem depan dan rem belakang untuk menghindari terjadinya rem blong,”sambungnya.

Selanjutnya, pada posisi menurun badan sedikit condong ke belakang untuk mencegah terangkatnya roda belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: