Honda

Gempa Magnitudo 4,6 Melanda Pulau Jawa, Pusatnya Berada di Mojokerto, Jawa Timur

Gempa Magnitudo 4,6 Melanda Pulau Jawa, Pusatnya Berada di Mojokerto, Jawa Timur

Gempa Bumi di Mojokerto, Jawa Timur.-Laman Resmi BMKG-

PALPRES.COM- Pulau jawa kembali dilanda gempa bumi, kali ini berpusat di wilayah Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) dengan kekuatan Magnitudo 4,6 pada Senin 19 Juni 2023, sekitar pukul 20.44 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di titik koordinat 7.49 LS dan 112.54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km timur Laut Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada kedalaman 9 km.

Getaran gempa tersebut terasa sampai di Pasuruan, Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Lawang.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hopesenternya, gempa di Mojokerto ini merupakan gempa jenis dangkal, mungki diakibatkan adanya aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser,” kata Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono.

BACA JUGA:Gempa Bumi Silih Berganti Tanda Kiamat, Luangkan Waktu Simak Nasihat Ulama Berikut!

Hasil dari monitoring data kita, masih terjadi aktivitas gempa susulan. Namun, dipastikan tidak menimbulkan Tsunami.

Selain itu, elum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa di Mojokerto, Jawa Timur. Namun, warga diminta tetap waspada terhadap gempa susulan.

Sekedar diketahui, bahwa Gempa bumi merupakan getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba dengan menciptakan gelombang seismik.

BACA JUGA:Jayapura Diguncang Gempa, 4 Warga Tewas Terkubur Runtuhan Bangunan

Gempa bumi juga biasanya disebabkan pergerakan lempeng bumi. Frekuensi suatu wilayah mengacu pada jenis dan ukuran gempa bumi. Gempa bumi pun bisa diukur dengan menggunakan alat seismometer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: