Honda

FIX, Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 Cair di Bank dan Daerah Ini

FIX, Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 Cair di Bank dan Daerah Ini

FIX, Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 Cair di Bank dan Daerah Ini-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Fix, bansos BPNT tahap 3 alokasi bulan Mei dan Juni 2023 sudah ada yang cair.  

Terpantau sejak Senin sore 19 Juni 2023 sudah ada KPM yang mencairkan bansos BPNT Mei-Juni Rp400.000. 

Dan dapat dipastikan di tanggal 20 Juni 2023 akan ada lebih banyak KPM yang mendapatkan transferan saldo Rp400.000 untuk BPNT tahap 3 Mei-Juni. 

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial masih terus menyalurkan bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Dan dibulan Juni ini, Kemensos kembali menyaluran bantuan pangan non tunai tahap 3 alokasi Mei dan Juni 2023 bagi para KPM yang mekanisme pencairan bantuannya melalui kartu KKS atau ATM Bank Himbara.

BACA JUGA:Ini Penyebab Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 Belum Cair

KPM pemegang kartu KKS Bank himbara sudah lama menantikan pencairan bantuan sosial sebesar Rp400.000 ini. 

Dan kabar gembiranya, menjelang hari raya Idul Adha, sudah terpantau ada pencairan bantuan pangan non tunai ke KKS milik KPM. 

Mengingat penyaluran bantuan sosial dilakukan secara bertahap, maka di tahap awal ini baru terpantau sejumlah daerah yang memulai proses penyaluran bantuan sembako non tunai ini. 

Perlu dicatat, saat ini baru Bank BNI yang menyalurkan bantuan sembako BPNT tahap 3 Mei-Juni sebesar Rp400.000. 

BACA JUGA:Jadwal Penyaluran Bansos Permakanan Rp900.000 per Bulan untuk Lansia Mulai 1 Juli 2023

Lalu daerah mana saja yang terpantau sudah menerima penyaluran bantuan sosial ini?

Untuk daerahnya diantaranya Semarang, Tasik Kota, Jombang, Kota Depok, Pekalongan, Surabaya, Jakarta Selatan, Besuki, Kabuaten Probolionggo, Cirebon, Bekasi Indramayu, Bandung Timur, Pamekasan Madura, Sukabumi, Lumnajang, dan daerah Tulung Agung. 

Namun tidak menutup kemungkinan bagi daerah lain yang kartu KKS nya diterbitkan oleh BNI juga ada saldo yang masuk sebesar Rp400.000 untuk bantuan BPNT alokasi mei-Juni 2023.

Bagi KPM yang kartu KKS nya diterbitkan oleh Bank BNI, lakukan pengecekan secara berkala ke mesin ATM atau ke agen bank terdekat. 

BACA JUGA:Cek Aplikasi SIKS-NG, Bansos BPNT Tahap 3 Senilai Rp400.000 Lewat Rekening Cair Segera

Para KPM bebas belanja di warung manapun. Karena tidak ada pengarahan dan pengondisian dari oknum tertentu untuk berbelanja di warung tertentu. 

Jika masih ada oknum yang melakukan pengarahan dan pengondisian kepada KPM untuk berbelanja di warung tertentu maka hal itu melanggar dan segera laporkan. 

Untuk KPM lain yang masih menunggu pencairan harap bersabar karena proses penyaluran bansos BPNT ini dilakukan secara bertahap bertahap. 

Karena jika Bank BNI sudah mulai menyalurkan tidak menutup kemungkinan bank penyalur lainnya segera menyusul pencairannya.

BACA JUGA:Bansos Khusus Lansia Cair Rp900.000 Perbulan, Ini Jadwal Penyalurannya

Kemensos Coret 10.249 Data KPM di DTKS 

Ditengah para KPM yang berbahagia karena penyaluran bansos BPNT tahap 3 ini sudah dicairkan di sejumlah daerah 

Namun banyak juga nama KPM yang dicoret namanya dari DTKS dan dipastikan tidak lagi menerima penyaluran bantuan sosial tidak terkecuali bantuan pangan non tunai alokai Mei dan Juni ini. 

Update terakhir SIKS-NG setiap hari ada saja KPM yang dikeluarkan dari DTKS termasuk penerima Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni ini. 

Padahal KPM telah menantikan Bansos BPNT akan cair di pekan-pekan terakhir bulan Juni ini. 

Namun apa boleh buat, Kemensos ternyata telah membekukan data penerima bantuan sosial tersebut termasuk mengeluarkannya dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. 

BACA JUGA:Siap-siap Banyak KPM Baru Bakal Terima Bansos BPNT Tahap 3 Rp600.000, Nama Kamu Termasuk?

Jika ada KPM yang komplain menyatakan dirinya layak menerima Bantuan sosial dapat mengajukan komplain ke Kemensos dan akan dievaluasi. 

Pembekuan data penerima bantuan sosial oleh Kemensos bukan tidak beralasan. 

Pembekuan data penerima bansos sudah melalui proses pemadanan data dengan berbagai Kementerian. 

Lalu siapa saja yang dikeluarkan dari penerima bansos dan tercoret dari DTKS, dan apakah menjadi penyebab belum disalurkannya bantuan sembako BPNT ini kepada KPM.

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 Cair Hari Ini? Cek Jadwal Pencairan di Sini

Terkait KPM yang tercoret sebagai penerima Bansos BPNT Mei-Juni ini, Mensos Tri Rismaharini mengungkap, jika ada banyak nama KPM yang datanya dihapus dari penerima bansos, padahal data di DTKS menyatakan benar warga miskin. 

Kenapa ya bisa seperti itu?

Belum lama berdasarkan laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terdeteksi ada 10.249 KPM Bantuan Pangan Non Tunai yang tidak sesuai dengan klasifikasi melalui sistem Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham. 

Dari data tersebut diketahui mereka yang menerima bansos diantaranya menjabat sebagai Direksi atau pejabat tertentu di sejumlah perusahaan. 

BACA JUGA: JANGAN KETINGGALAN! Juli Ini Bansos PKH Tahap 3 Cair Rp900.000

Hasil temuan BPK tersebut, maka Kemensos membekukan data yang dimaksud dan mengeluarkan dari DTKS. 

Pembekuan data merupakan tindak lanjut dari temuan BPK setelah melakukan pemadanan data KPM by name by address data salur bansos sembako BPNT dengan data di sistem Ditjen KHU Kemenkumham. 

Sedikitnya ada 10.249 KPM yang terdeteksi mereka tercatat sebagai pengurus atau pejabat di perusahaan tapi realitanya mereka miskin. 

Maka atas temuan ini, Mensos membekukan data penerima bansos tersebut dengan demikian para KPM yang telah dibekukan namanya tidak lagi menerima bantuan sosial termasuk bantuan sembako BPNT Mei-Juni sebesar Rp400.000.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: