Honda

10 Tempat Wisata Terbaik di Pagar Alam, Cocok untuk Habiskan Waktu Long Weekend

10 Tempat Wisata Terbaik di Pagar Alam, Cocok untuk Habiskan Waktu Long Weekend

Wisata di Pagar Alam bisa dijadikan pilihan berlibur karena memiliki udara yang sejuk yang dikelilingi oleh pergunungan.-kolase-palpres.com

PAGAR ALAM, PALPRES.COM – Sebentar lagi kita akan bertemu dengan libur panjang atau long weekend

Biasanya masyarakat memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur bersama keluarga, sahabat maupun orang terkasih.

Wisata di Pagar Alam bisa dijadikan pilihan berlibur karena memiliki udara yang sejuk yang dikelilingi oleh pergunungan.

Sehingga membuat kawasan ini memiliki tempat yang indah, syahdu dan menawan dan sangat cocok untuk menyambut long weekned.

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Tempat Wisata Terbaik di Banyuasin, Nomor 2 Berbatasan dengan Selat Bangka

Kota Pagar Alam memang terkenal dengan keindahan alamnya yang jarang dijumpai di wilayah Sumatera Selatan.

Kota ini diapit oleh pegunungan barisan dan Gunung Dempo sehingga membuat Kota Pagar Alam memiliki keindahan alam yang menawan.

Terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan nikmati seperti Gunung Dempo, Kebun Teh, Tugu Rimau, Tangga Seribu dan lainnya.

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Pagaralam yang dapat kamu singgahi di tengah waktu liburan.

BACA JUGA:11 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten PALI, Nomor 5 Destinasi Kebanggaan Sumatera Selatan

1. Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, tepatnya di kota ‘Dingin' yaitu Kota Pagaralam penghasil Kopi Robusta.

Gunung Dempo menjadi benteng alami bagi Sumatera Selatan dari Samudera Hindia. Gunung Dempo berlokasi di kota Pagaralam yang dapat ditempuh melalui jalur darat kira-kira 7 jam dari kota Palembang.

Wisata alam Gunung Dempo berada di ketinggian 3.142 mdpl yang menjadi pagar pembatas antara Palembang Sumatera Selatan dan Bengkulu.

BACA JUGA:SERAM! Ini 6 Tempat Wisata Terlarang di Indonesia, Pulau Kumala Masuk Daftar

Gunung ini tergolong dalam kelompok deretan Pegunungan Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Sumatera.

Daya tarik dari wisata alam gunung dempo adalah kawah yang bisa memunculkan banyak warna.

Permukaan kawah mampu menghasilkan beragam corak, mulai dari hijau, biru muda, hingga abu-abu (yang paling sering muncul).

Gunung berapi ini statusnya masih aktif dengan dua puncak dan satu kawah.Umumnya para pendaki adalah golongan anak muda ataupun para pendaki dari berbagai daerah mendaki di area pergunungan gunung dempo.

BACA JUGA:Sejarah 3 Wisata Religi di Palembang, Peninggalan SMB 1 Jayo Wikramo Hingga Pangeran Sido Ing Kenayan

2. Kebun Teh Dempo - Permadani di Lereng Gunung

Wisata alam bumi sriwijaya selanjutnya adalah kebun teh, karena wilayah Pagaralam merupakan kawasan pegunungan, tidak heran bila disini ditemukan Kebun Teh yang luas.

Nah, buat kamu yang tidak suka mendaki gunung namun masih mau menyaksikan keelokan Gunung Dempo bisa banget liburan ke Kebun Teh Dempo.

Kebun teh Dempo terhampar luas sekitar 1.523 Hektar di lereng Gunung Dempo. Sejauh mata memandang hamparan kebun teh ibarat permadani di lereng gunung Dempo. Teh dari perkebunan ini bisa memproduksi teh basah sebanyak 15.381 ton pada tahun 2020.

BACA JUGA:Tiga Obyek Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Lubuklinggau, Nomor Satu Letaknya di Jantung Kota

Untuk teh keringnya mencapai 3.434 ton. Adapun jenis teh hasil olahan pabrik diantaranya teh Orthodox, CTC, dan Green Tea.

3. Air Terjun Pintu Langit

Wisata yang tergolong baru di Kota Pagar Alam ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berada pada jajaran bukit barisan membuat air terjun ini memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata pengunjung.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun ini, wisatawan akan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar dan juga perkebunan kopi yang semakin menambah sejuk kawasan wisata air terjun pintu langit tersebut.

BACA JUGA:MERINDING! 5 Destinasi Wisata Religi di Palembang Ini Rupanya Ada Sejak Era Kerajaan Palembang

Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, pengunjung terlebih dahulu harus menuruni anak tangga. Ketika sampai dibawah pengunjung dapat langsung mandi dibawah guyuran air terjun dan menikmati kesejukan air pegunungan sehingga rasa lelah akan terbayarkan.

4. Tugu Rimau

Daerah Pagaralam yang terletak di Sumatra Selatan menyimpan berbagai destinasi yang akan membuat Anda berdecak kagum.

Meskipun kawasan satu ini masih belum menjadi tempat yang banyak diketahui oleh pelancong, namun Anda akan menemukan banyak wisata menarik, diantaranya adalah Tugu Rimau.

Tempat wisata satu ini memang dikenal sebagai lokasi yang pas untuk menyaksikan keindahan kota dari ketinggian.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Religi di Palembang, Ternyata Bukti Warisan Kesultanan dan Kerajaan Palembang

Pemandangan alam yang sangat asri dan masih alami bisa Anda nikmati saat berada di daerah ini. Berada di ketinggian yakni sekitar 1800 mdpl, akan sangat pas bagi Anda yang ingin melakukan paralayang.

Sebab, Tugu Rimau memang menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan yang menyukai paralayang.

Tak mengherankan tempatnya yang indah ini pernah menjadi salah satu lokasi paralayang dalam event PON yang bergengsi di tahun 2004. Akan tetapi, pelancong tak hanya kesini lantaran bisa berolahraga paralayang saja.

Melainkan, panorama alam yang hijau menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur di lokasi satu ini. Di sekitar destinasi ini, Anda juga akan bisa menemukan kebun teh yang menghampar. Tentunya akan menjadi angin segar bagi Anda yang dilanda penat dan stres.

BACA JUGA:Aman Buat Anak-anak, Ini Objek Wisata di Lubuklinggau Wajib Anda Kunjungi Saat Libur Sekolah

5. Green Paradise

Green Paradise berlokasi di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara ini memiliki pesona alam yang sangat berbeda dengan objek wisata lain yang ada di kota Pagar Alam.

Objek wisata ini menawarkan berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berada disana bersama teman ataupun keluarga. Pilihan aktivitas seperti berkuda, memanen selada dan juga memberi makan ikan dapat Anda lakukan.

Terdapat sebuah air terjun sedang yang berada didalam lokasi green paradise. Telinga kita akan dimanjakan dengan suara gemericik air yang dapat menyegarkan pikiran.

BACA JUGA:Tenangkan Jiwa! Ini 10 Destinasi Wisata Alam Sekitar Palembang yang Penuh Pesona

Dengan tiket masuk sebesar lima ribu rupiah untuk orang dewasa dan dua ribu lima ratus rupiah untuk anak-anak, menjadikan tempat ini wajib Anda kunjungi jika singgah di Kota Pagar Alam.

6. Wisata Pralayang

Paralayang Pagar Alam menjadi salah satu spot paralayang yang tersohor di Indonesia dengan fasilitas berstandar internasional.

Tempat ini pernah menjadi venue dalam gelaran PON XVI pada tahun 2004. Tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit dari pusat kota.

BACA JUGA:Mau Menguji Keberanian? 4 Destinasi Wisata Ekstrem Ini Bisa Jadi Alternatif Guys

Take off paralayang berada pada ketinggian 1900 meter diatas permukaan air laut dan merupakan yang terbesar di Indonesia dan dapat menampung 40 orang penerjun.

7. Curup Embun

Curup Embun merupakan air terjun dengan pancuran air tertinggi di Pagar Alam. Tinggi pancurannya mencapai 100 meter dengan volume air yang tidak terlalu besar, sehingga air yang terjun dari puncak ketinggian ketika sampai bawah akan berubah menjadi embun.

Itulah sebabnya air terjun ini disebut Curup Embun. Tiket masuk wisata ini sangat murah, yaitu sebesar dua ribu rupiah perorang. Dengan keunikan Air Terjun Curup Embun ini, tidak heran jika setiap liburan wisata ini selalu ramai kunjungi wisatawan.

BACA JUGA:11 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten PALI, Nomor 5 Destinasi Kebanggaan Sumatera Selatan

Selain itu, di Curup Embun Anda juga akan menemukan tempat wisata yang masih sangat alami. Di sekitar air terjun bisa ditemukan dengan mudah pepohonan yang rindang dan asri.

Jadi tak heran jika banyak pengunjung betah meski sudah menghabiskan waktu yang lama saat berada di lokasi wisata ini. karena tempatnya teduh dan membuat hati siapapun menjadi tenang.

Selain pepohonannya yang rindang, disni Anda juga dapat menemukan pesona lain yaitu air yang jernih.

Karena itu banyak pengunjung yang pergi kesini biasanya bermain air sembari menikmati suasana yang dingin khas Kota Pagaralam. Jika Anda kerap mendatangi wahana air yang modern, tidak ada salahnya untuk sesekali pergi ke wisata alam ini.

BACA JUGA:Instagramable dan Cocok Buat Healing, 4 Tempat Wisata di Curup Rejang Lebong ini Ga Boleh Kamu Skip

8. Tangga Seribu Pagar Alam

Salah satu ikon wisata baru di kota Pagar Alam adalah tangga seribu yang terletak di kawasan kantor pemerintah daerah Kota Pagar Alam. Lokasi ini dapat dijangkau menggunakan transportasi umum seperti angkot maupun becak motor.

Bentuk tangga di Tangga Seribu Pagar Alam ini terbilang unik, memiliki lebar sekitar lima meter dan anak tangga yang berundak–undak memanjang dari tempat rendah menuju ke tempat yang lebih tinggi.

Di mana pada setiap anak tangganya terdapat sebuah lampu yang akan menyala berkedip–kedip ketika dilewati. Tiket masuk wisata ini hanya sebesar lima ribu rupiah.

BACA JUGA:5 Daerah Paling Sepi di Bengkulu, Nomor 1 Banyak Wisata Pantai

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata. Wisata ini cocok dikunjungi bagi Anda pecinta fotografi.

9. Air Terjun Lematang Indah

Salah satu objek wisata yang ditawarkan di kawasan Gunung Dempo adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah karena lokasinya yang berada di tepi jalan lintas.

Untuk dapat menikmati gemericik air terjun, pengunjung hanya perlu membayar dua ribu rupiah untuk anak-anak dan empat ribu rupiah untuk orang dewasa. Selain menawarkan keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan wahana arung jeram yang disediakan oleh pihak pengelola kawasan wisata tersebut.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, Ini 5 Tempat Wisata Murah di Sekayu Paling Hits dan Instagramable

10. Rumah Adat Baghi Suku Besemah

Selain menyuguhkan wisata alam dengan panorama yang memukau, di Kota Pagaralam Anda juga bisa berkunjung ke Rumah Adat Baghi Suku Besemah.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan wisata sejarah yang cukup unik di daerah satu ini. Anda pun akan bisa melihat rumah yang telah berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri hingga saat ini dalam kondisi yang sangat baik.

Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, maka Anda pun bisa mengunjungi Desa Tegur Wangi yang berada di kaki gunung Dempo.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Air Terjun Terhits dan Instagramable di Provinsi Lampung

Rumah satu ini berdiri tepat di tengah sawah dan terdapat beberapa pohon yang mengelilinginya. Suasana yang alami dan asri akan bisa Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di lokasi satu ini.

Kondisi rumah ini pun terbilang cukup unik, lantaran rumah yang terbuat dari kayu tersebut kokoh berdiri tanpa menggunakan paku.

Akan tetapi, rumah ini hanya memakai pasak yang dipasang sangat kuat. Masyarakat sekitar meyakini bahwa suku Basemah merupakan nenek moyang yang telah tinggal di Pagaralam dalam waktu yang lama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: