Honda

LDII Khawatir Ada Bencana Lingkungan Imbas Perubahan Iklim, Golongan Ini Bisa Mencegahnya

LDII Khawatir Ada Bencana Lingkungan Imbas Perubahan Iklim, Golongan Ini Bisa Mencegahnya

Suasana webinar internasional yang digelar DPP LDII sebagai usaha cegah bencana lingkungan imbas dari perubahan iklim.-Foto: LINES-

JAKARTA, PALPRES.COM – Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau LDII khawatir akan ada bencana lingkungan sebagai imbas dari ancaman perubahan iklim.

Ancaman perubahan iklim yang menjadi fokus perhatian LDII sejak 2007. Ada beberapa usaha untuk mencegah bencana lingkungan tersebut, salah satunya pelestarian lingkungan.

Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso menjelaskan, bencana lingkungan sebagai imbas dari perubahan iklim tersebut harus dicegah.

Menurutnya, golongan yang berperan penting dalam mencegah ancaman perubahan iklim tersebut adalah generasi muda.

BACA JUGA:Kenapa Perubahan Iklim Jadi Isu Sentral Wisuda ke-85 UIN Raden Fatah? Pesan Rektor Begitu Memotivasi

“Kami menyadari bahwa peran generasi muda sangat penting dalam menjaga keberlanjutan alam dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” ujar KH Chriswanto dalam siaran pers yang diterima palpres.com, Senin 26 Juni 2023.

Kampanye mencegah bencana lingkungan sebagai imbas dari perubahan iklim tersebut saat menggelar webinar hybrid dan diikuti pengurus LDII di 34 provinsi tersebut.

Dari kampanye itu, pihaknya berharap bisa memberikan berdampak besar terhadap pelestarian lingkungan.

Menurut KH Chriswanto, saat umat Islam berupaya menyelematkan lingkungan, sama halnya menyelamatkan seluruh umat manusia.

BACA JUGA:Lulusan Terbaik UIN Raden Fatah di Wisuda ke-85, Rektor Berpesan Alumni Berperan Pengendalian Perubahan Iklim

“Menjaga ekosistem akan memberikan oksigen dan air yang penting bagi umat manusia. Artinya, apa yang dilakukan ormas Islam dalam melestarikan lingkungan, berkontribusi bagi kehidupan manusia yang lebih panjang dan sehat,” harap KH Chriswanto.

LDII juga mendorong kolaborasi antargenerasi, yakni peran pemimpin dan tokoh masyarakat sebagai mentor bagi generasi muda dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Kerja sama yang erat antara generasi muda dan orang dewasa akan memperkuat gerakan pelestarian lingkungan dan membawa perubahan yang signifikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Centre for Environment and Population Health School of MDP Medicine Griffith University, Australia, Prof. Cordia Chu mengapresiasi komitmen LDII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: