Honda

6 Kota di Indonesia dengan Kuliner Terenak di Dunia Versi TasteAtlas, Kota Kamu Termasuk?

6 Kota di Indonesia dengan Kuliner Terenak di Dunia Versi TasteAtlas, Kota Kamu Termasuk?

6 Kota di Indonesia dengan Kuliner Terenak di Dunia Versi TasteAtlas, Kota Kamu Termasuk?-Ilustrasi: Rida Satriani-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Seluruh kota di Indonesia memiliki masing-masing makanan lokal yang terkenal dengan rasa khasnya. Namun, hanya ada 6 kota di Indonesia yang menghasilkan kuliner yang terenak di dunia versi TasteAtlas, sebuah website panduan wisata seluruh dunia.

Memang tak dipungikiri bahwa kota-kota di Indonesia tersebut masuk ke dalam daftar, pasalnya Indonesia sendiri telah memiliki begitu banyak rempah-rempah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Berikut 6 kota dengan kuliner yang enak dan mendunia versi TasteAtlas.

1. Jakarta

BACA JUGA:Intip Kemegahan Perpustakaan 2 Kampus Terbaik Indonesia TOP Webometrics 2023, No 1 Mirip Mall

Jakarta menjadi kota ke-14 yang masuk daftar TasteAtlas.

Berdasarkan TasteAtlas, kota Jakarta merupakan pusat pemerintahan Indonesia yang seringkali dijejali oleh penduduk lokal maupun pengunjung.

Di kota tersebut, tersedia beragam sajian makanan yang lezat serta mewakili aspek budaya lokal dan bisa ditemukan pada hampir setiap sisi pinggir jalan yang menjadi tempat para pedagang kaki lima berjualan.

Selain itu, harganya juga sangat terjangkau. Makanan yang harus dicoba ketika berada di Jakarta menurut TasteAtlas adalah nasi goreng dan tumisan yang begitu banyak dijual dan sudah diakui sebagai ikon kuliner Indonesia.

BACA JUGA:3 PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Apa Keunggulannya? Simak!

2. Yogyakarta

Menurut TasteAtlas, Yogyakarta masuk dalam urutan ke-48 di antara kota-kota yang harus dikunjungi karena banyaknya angkringan dan warung tenda yang berjejer di pinggir jalanan kota, serta tersedia aneka sajian makanan lokal yang enak.

Selain itu, situs perjalanan populer ini juga mengeluarkan daftar makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi Yogyakarta, di antaranya gudeg, mendoan, sayur lodeh, sate kere, dan aneka sate-satean.

Beberapa tempat makan ikonik yang layak dikunjungi adalah Jejamuran, Gudeg Yu Djum, Warung Kopi Klotok, Gudeg Bu Hj Amad, dan Ayam Goreng Suharti.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Sistem Parkir di Kampus UI, Universitas TOP QS WUR 2024

3. Bandung

Selanjutnya, Bandung ditempatkan pada peringkat ke-80 dari 100 kota dengan makanan lokal terbaik menurut TasteAtlas.

Meski demikian, TasteAtlas tidak merilis daftar makanan yang harus dicoba ketika berkunjung ke Bandung, tetapi jika kamu pernah mencoba berbagai macam kuliner di sana pasti tidak akan mengecewakanmu sebagai wisatawan.

Terdapat beragam pilihan makanan yang bisa dinikmati di Bandung, dari warung kecil hingga jajanan gerobak.

BACA JUGA:Begini Penampakan Kantin di 5 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Ada Pusat Perbelanjaan

Adapun beberapa makanan populer di Bandung meliputi seblak, mie kocok, lotek, peuyeum, aneka jajanan aci, dan masih banyak lagi.

4. Padang

TasteAtlas menempatkan kota Padang di Sumatera Barat pada peringkat ke-90 sebagai salah satu dari kota dengan makanan lokal terbaik di dunia.

Kalau kamu menyukai makanan yang berempah, maka Padang adalah destinasi kota yang cocok untuk dikunjungi.

BACA JUGA:4 PTN Terbaik di Indonesia Ini Peringkat Webometrics 2023 dan TOP QS WUR 2024, Coba Tebak Kampus Mana?

Selain terkenal dengan rendang yang enak di seluruh dunia, Padang juga menawarkan gulai yang pastinya kental dengan cita rasa rempah-rempah. Ada pula dendeng batokok dan sate padang yang sangat menggiurkan dengan kelezatannya.

5. Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota yang sering menjadi destinasi wisata warga lokal Indonesia maupun turis dari mancanegara. Salah satu hal yang terkenal dari Surabaya adalah kelezatan beberapa makanannya yang cukup mengenyangkan.

Dari aneka masakan nasi dan lontong, semua makanan itu bisa kamu nikmati di sana. Ada berbagai pilihan menu makanan yang cocok untuk disantap saat siang atau malam hari.

BACA JUGA:4 PTN dengan Biaya Termurah yang Masuk TOP QS WUR 2024, UI Termasuk?

Surabaya menempati posisi ke-94 sebagai salah satu kota dengan makanan khas yang populer di Indonesia versi TasteAtlas.

Beberapa hidangan yang terkenal dan patut untuk dicoba ketika kamu berkunjung ke Surabaya adalah tahu campur Surabaya, rawon, tahu tek, lontong kupang, lontong balap, dan masih banyak lagi.

6. Malang

Terakhir, kota Malang berada di posisi ke-99 dalam daftar kota terpopuler di Indonesia versi TasteAtlas.

BACA JUGA:10 Kampus Terbaik di Asia Versi QS World University Rankings 2024, Indonesia Peringkat Berapa?

Salah satu alasan popularitas Malang adalah makanan lokalnya yang terkenal cocok di lidah kalangan wisatawan maupun penduduk lokal.

Bakso Malang dan bakso bakar menjadi makanan yang paling disukai oleh banyak orang serta menjadi ciri khas kota ini.

Selain itu, sego goreng juga menjadi primadona bagi para penggemar kuliner.

Kedua makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai tempat di Malang.

BACA JUGA:Ternyata, 2 Kampus Swasta Terbaik di Jogja Ini ada di Deretan TOP QS WUR 2024

Selain itu, rujak cingur juga menjadi makanan favorit dari kota ini. Rujak cingur adalah makanan campuran antara sayuran, buah-buahan, dengan irisan daging belut yang dimasak.

Makanan ini memiliki rasa yang unik dan cukup populer di Malang maupun mancanegara.

Maka dari itu, Malang menjadi kota yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam dan cocok dikunjungi untuk yang ingin mencoba pengalaman kuliner yang berbeda.

Selain itu, kota Malang juga dikenal sebagai kota yang sejuk, terutama pada musim hujan sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke kota ini untuk menikmati udara yang sejuk sambil menikmati kuliner lokal.

BACA JUGA:Begini Penampakan Toilet di 5 kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Ada yang Mirip Hotel Bintang 5

Walaupun Malang tidak menjadi kota yang terkenal di Indonesia, namun kekayaan kuliner dan suasana yang nyaman membuat kota ini patut untuk dicoba oleh siapa saja yang ingin menikmati makanan yang lezat dan suasana kota yang sejuk ini.

Nah itu dia beberapa kota di Indonesia yang masuk dalam daftar TasteAtlas dengan predikat kota dengan makanan lokal terenak yang mendunia.

Meskipun hanya beberapa kota yang masuk daftar Taste Atlas, makanan di Indonesia dari seluruh kotanya memang terkenal enak dan menggiurkan kok.

Nah, makanan favorit kamu dari kota mana, nih?*

BACA JUGA:10 Keunggulan Kampus UI yang Kini Peringkat 237 Dunia Versi QS WUR 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: