Honda

Resmi! MotoGP Inggis 2023 Gunakan Regulasi Baru, Ducati Melunak

Resmi! MotoGP Inggis 2023 Gunakan Regulasi Baru, Ducati Melunak

Dorna Sport umumkan regulasi baru MotoGP-motogp.com-

PALPRES.COM - Di tengah waktu liburannya, Tim dan Pembalap menerima kabar bahwa MotoGP Inggris 2023 mendatang akan menggunakan regulasi baru yang sempat ditolak Tim Ducati.

Regulasi yang diresmikan oleh Dorna Sports itu adalah mengubah sesi latihan pertama atau P1 pada Jumat pagi menjadi sesi latihan bebas FP1 mulai MotoGP Inggris 2023 yakni Agustus 2023 mendatang.

Perubahan regulasi tersebut awalnya telah dibawa ke forum Grand Prix Comission yang melibatkan perwakilan dari FIM, Dorna serta pembalap MotoGP sejak Juni 2023 lalu.

Dan wacana tersebut sempat ditolak oleh Ducati dan ubahan tersebut baru bisa diterapkan mulai MotoGP 2024 nanti.

BACA JUGA:Hyundai Stargazer Essential Terbaru 2023 Meluncur, Fiturnya Bikin Minder Pesaing

Memasuki liburan minggu keempat musim panas, Ducati nampaknya melunak karena Dorna Sports dan FIM tiba-tiba mengumumkan kalau sesi P1 resmi diubah kembali menjadi FP1.

Bukan hanya nama, durasinya juga diubah karena FP1 hanya akan digelar selama 45 menit, sementara sesi latihan atau Practice berikutnya tetap akan digelar selama 60 menit.

Sesi FP1 berbeda dengan P1 sebelumnya, lantaran hasilnya tidak lagi masuk dalam catatan waktu kombinasi yang memungkinkan pembalap langsung lolos ke babak Q2 sesi kualifikasi MotoGP.

Perubahan ini diharapkan bisa menekan resiko cedera dini untuk para pembalap, sebab mereka tidak dituntut untuk langsung memaksakan diri tampil secepat mungkin sejak awal.

BACA JUGA:SUPER HEMAT! Katalog Indomaret Periode 19-25 Juli 2023, Beli 2 Pisau Cukur Hanya Rp11.500

BACA JUGA:Daftar 10 Objek Wisata Terpopuler dan Terhits di Yogyakarta

ALhasil, Marc Marquez dan pembalap lainnya pun bisa fokus melakukan adaptasi dan mencari setting motor terbaik untuk balapan.

Sebelum mencari waktu terbaik demi jaminan lolos langsung ke kkualifikasi 2 atau Q2 di sesi Practice pada Jumat siangnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: