Honda

Sering Dikunjungi WNA, Kota Ini Salah Satu Kota Industri Terpadat di Indonesia, Coba Tebak?

Sering Dikunjungi WNA, Kota Ini Salah Satu Kota Industri Terpadat di Indonesia, Coba Tebak?

Sering Dikunjungi WNA, Kota Ini Salah Satu Kota Industri Terpadat di Indonesia, Coba Tebak?--Sumber: BP Batam

PALEMBANG, PALPRES.COM —  Indonesia memiliki beberapa kota yang menjadi kawasan Industri sebagai tempat pusat kegiatan industri yang lengkap dengan fasilitas pendukung yang tersedia di perusahaan yang terlibat.

Oleh sebab itu, banyak sektor yang masih dapat dikembangkan agar menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sektor industri.

Nah, ada satu kota nih yang menarik untuk dibahas kalau sudah membicarakan tentang industri. Kota apa, ya? Yuk, disimak!

Kota satu ini merupakan sebuah pulau dan kepulauan dan letaknya berada di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kota Terbaik Untuk Pensiun, Bikin Tenang dan Nyaman Menghabiskan Masa Tua

Selain itu, kota ini juga menjadi satu-satunya kota di Indonesia dengan memiliki paling banyak pelabuhan internasional dan bebas visa untuk berbagai negara.

Lalu, kota ini juga mempunyai perairan yang bernama Pulau Abang kecil dengan ribuan spesies terumbu karang langka di dalamnya.

Ciri-ciri lain, banyak wisatawan yang memilih untuk datang ke kota ini. Maka dari itu, dia menjadi salah satu wilayah yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Bahkan, saking ramainya wisatawan, setiap bulannya kota ini sering dikunjungi dengan rata-rata sebanyak 120 ribu kunjungan, lho!

BACA JUGA:7 Kota Tercantik di Indonesia, Kota Persinggahan Belanda Pada Masa Penjajahan

Hal itu bukan tanpa alasan, ternyata di dalamnya terdapat banyak tempat atau spot snorkeling dan diving yang tidak kalah menarik dan indah dari Bunaken maupun Raja Ampat.

Makanya, untuk menuju ke sini, pengunjung tidak perlu khawatir karena kota ini juga memiliki landasan pacu paling panjang di Indonesia dengan panjang yang mencapai lebih dari 4 kilometer dengan diberi nama Bandara Internasional Hang Nadim.

Kemudian, selain memiliki akses menuju kota ini melalui jalur udara, wisatawan yang ingin mengunjungi kota ini juga dapat menggunakan akses dari laut, karena banyak pelabuhan yang terbesar di kota ini.

Fakta lainnya mengungkapkan bahwa banyak wisatawan yang merupakan orang Singapura yang justru berbelanja ke kota ini karena harganya barang-barang yang cukup murah.

BACA JUGA:4 Kota Pelajar Terbaik di Indonesia versi QS Best Student Cities 2024 Beserta Kampusnya, Tebak No 1 Kota Ap

Nah, setelah ciri-ciri di atas apakah kamu sudah bisa menebak kota ini?

Ya, kota dengan julukan kota industri adalah Kota Batam yang berada dekat dengan negara tetangga Singapura.

Meski bukan menjadi kota dengan industri terpadat nomor 1 di Indonesia, ternyata di Batam terdapat 17 jenis industri yang beroperasi dengan perusahaannya yang berjumlah 1.309, lho!

Perusahaan-perusahaan itu didominasi oleh perusahaan yang berkecimpung di industri logam maupun mesin.

BACA JUGA:15 Kota Terkecil di Indonesia, Palembang Urutan Berapa?

Maka dari itu banyak orang Singapura yang berbelanja di Kota Batam, karena telah berhasil menjadi kawasan industri yang strategis dan dekat dengan Singapura, sehingga dapat menarik investor untuk berinvestasi di sana.

Selain itu pula, Kota Batam terdiri atas 25 kawasan industri dengan luas lahan sebesar 2.002 hektar dalam keseluruhan.

Tak hanya jaya di masa sekarang, di zaman dulu Batam juga pernah memiliki masa kejayaan sebagai pulau minyak yang berada tepat di Pulau Sambu.

Bahkan, salah satu pulaunya, yaitu Pulau Galang, menyimpan sebuah cerita pengungsi Vietnam yang peninggalannya masih bisa ditemui sampai sekarang.

BACA JUGA:7 Kota Teraman dan Layak Huni di Indonesia, No 2 di Sumsel!

Tempat wisata terakhir, di Batam juga terdapat Pantai Vio Vio yang memiliki pasir putih dengan fasilitas pantai yang lengkap.

Jadi, selain bisa berbelanja di kota ini saat sedang berlibur, pendatang juga bisa berwisata alam di Kota Batam.

Asik, ya, kamu tertarik berkunjung ke Batam?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: