Honda

Kisah Sahabat Imran bin Hushain Tidak Perlu Mengeluh Diberikan Cobaan Sakit Selama 30 Tahun

Kisah Sahabat Imran bin Hushain Tidak Perlu Mengeluh Diberikan Cobaan Sakit Selama 30 Tahun

Kisah sahabat Imran bin Hushain yang tidak pernah mengeluh karena sakit selama 30 tahun--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kaum muslimin dan muslimah dimana pun anda berada, kali ini kita akan menyimak tentang kisah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki kesabaran dan keimanan luar biasa dalam menghadapi cobaan penyakit selama 30 tahun lamanya.

Ya, dia bernama Imran bin Hushain bin Ubaid Al Khaza'i yang bisa dipanggil Abu Nujaid, dia masuk Islam saat terjadi perang Khaibar tepatnya pada tanggal 7 hijriah, dan dia dikenal sebagai salah satu ulama dari kalangan sahabat.

Dilansir dari media online, kekokohan iman dan kesabaran dari Imran bin Husain selama menderita sakit tidak pernah mengeluh sedikit pun, ketika ada sahabat yang menjenguk dirinya dan menyarankan untuk berobat, Imran hanya tersenyum lalu berkata "Yang paling aku cintai adalah yang paling dicintai oleh Allah SWT".

Rasulullah SAW telah menyampaikan beberapa hikmah dari penyakit yang diderita seseorang, sakit dapat menghapus dosa seorang Muslim, sebagaimana sabda Nabi SAW.

BACA JUGA:SEJARAH BARU! Elkan Baggott Kian Dekat Debut di Liga Inggris

"Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya."

Bahkan, sakit juga dapat menjadi sumber kebaikan bagi seseorang jika dia bersabar. Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh semua urusannya merupakan kebaikan, tidak terjadi kecuali bagi orang Mukmin. Jika mendapat kegembiraan, dia bersyukur dan itu menjadi kebaikan baginya. Bila mendapat kesusahan, dia bersabar dan ini adalah kebaikan baginya." (HR Muslim)

Sakit juga membuat seseorang semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya, "Dan sesungguhnya kami telah mengutus (para Rasul) kepada umat-umat sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri." (QS al-An'am ayat 42)

Hasan al-Bashri dan Ibnu Sirrin pernah berkata tentang Imran bin Hushain, "Tidak ada sahabat Nabi yang pernah diutus ke Bashrah yang bisa mengungguli Imran bin Hushain."

BACA JUGA:Berikut Nama-nama Peraih Beasiswa Penuh dari Pertamina Hulu Rokan untuk Daerah Ini

Umar bin Khattab pernah mengutus Imran ke Bashrah untuk mengajarkan agama Islam kepada penduduk di sana.

Imran meriwayatkan sebanyak 130 hadits Nabi SAW. Dan ketika ia akan meninggal dunia, ia menyampaikan wasiat kepada keluarganya, "Bila kalian pulang dari pemakaman, sembelih lah hewan ternak untuk memberi makan kepada orang lain." (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: