Honda

PTBA Dirikan PLTS, Ini Hasil yang Didapat Petani Desa Nanjungan

PTBA Dirikan PLTS, Ini Hasil yang Didapat Petani Desa Nanjungan

PLTS yang didirikan PT Bukit Asam di Desa Nanjungan, Kabupaten Lahat, membawa manfaat signifikan bagi para petani di wilayah tersebut. -Humas PTBA-

BACA JUGA:Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Skuad Garuda Bakal Menang Mudah

Listrik yang digunakan untuk menggerakkan pompa berasal dari 100 panel PV polycrystalline, masing-masing berkapasitas 275 Watt peak (Wp). 

Pompa menyedot air dari Sungai Lematang sejauh 1,4 kilometer (km) ke embung yang kemudian didistribusikan ke sawah warga.

VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Hartono, menjelaskan bahwa pembangunan PLTS irigasi merupakan salah satu langkah PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, dan menjaga kelestarian lingkungan. 

Selain membangun PLTS irigasi, PTBA juga melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam melakukan perawatan rutin peralatan PLTS irigasi. 

BACA JUGA:Mushab bin Umair, Sang Duta Dakwah sekaligus Delegasi Rasulullah di Madinah

Diharapkan peralatan yang telah diserahterimakan kepada masyarakat dapat bertahan dalam jangka panjang.

"Pembangunan PLTS irigasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian sosial ekonomi masyarakat dan mengoptimalkan hasil produksi pertanian. 

Pemanfaatan energi terbarukan berbasis tenaga surya ini merupakan langkah dalam gerakan transformasi untuk menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan," tambahnya.

Dengan keberhasilan PLTS irigasi ini, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah memberikan kontribusi positif bagi para petani di Desa Nanjungan, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:RESMI! 5 Bansos Cair Agustus Ini, Cek Namamu Segera

Serta membawa dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan dan kemandirian sosial ekonomi masyarakat. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: