Honda

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Melek Media, Dukung Gerakan Nasional Revolusi Mental

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Melek Media, Dukung Gerakan Nasional Revolusi Mental

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Melek Media, Dukung Gerakan Nasional Revolusi Mental -Foto: Dokumentasi Panitia for Palpres.com-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang mengikuti pelatihan bertema Melek Media di Auditorium Fakultas Ilmu dan Sosial Politik (FISIP) UIN Raden Fatah Palembang, Sabtu 19 Agustus 2023.

Kegiatan pelatihan Melek Media yang diikuti 100 mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang sebagai upaya di dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Seperti diketahui, Gerakan Nasional Revolusi Mental ini merupakan inisiasi dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Forum Rektor Indonesia.

Salah seorang narasumber, Nila Ertina menjelaskan, istilah melek media bukan sekedar mampu menggunakan media digital.

BACA JUGA:UIN Raden Fatah Bangun Kepercayaan Dunia, 95 Persen Program Studi Standar Mutu Internasional

Namun, generasi media juga harus memanfaatkan internet sebagai media penghubung digital dengan bijaksana.

Oleh sebab itulah, wartawan senior di Palembang mengajak mahasiswa sebagai bagian dari generasi milenial untuk aktif dalam literasi digital dengan cara menguasai prinsip dasar teknologi.

Dengan begitu, informasi yang tersiar di media sosial bisa disharing sehingga menjadi bagian untuk memfilter berita hoaks. 

"Mahasiswa harus berada digaris depan dalam menangkal gangguan informasi, seperti disinformasi, misinformas dan malinformasi," terangnya.

BACA JUGA:Pertama di Indonesia! Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Raih Akreditasi Unggul, Apa Keunggulannya?

Lebih jauh kata Nila, pengguna internet di Indonesia sangat tinggi.

Dia memaparkan hasil survey APJII hingga 27 Januari 2023 yang mencatat ada 78,19 persen masyarakat Indonesia yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia menggunakan internet.

Jika dikonfersikan dengan jumlah orang, ada 215 juta jiwa penduduk dari total populasi 275 juta jiwa menggunakan internet.

Sedangkan di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk penetrasi internet masih tergolong di bawah, yaitu masuk peringkat delapan di Sumatera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: