Honda

8 Kota dengan Tata Kota Terbaik di Indonesia Menurut Bappenas, Coba Tebak Palembang Masuk Gak?

8 Kota dengan Tata Kota Terbaik di Indonesia Menurut Bappenas, Coba Tebak Palembang Masuk Gak?

8 Kota dengan Tata Kota Terbaik di Indonesia Menurut Bappenas, Coba Tebak Palembang Masuk Gak?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada sejumlah kota dengan tata kelola kota yang terbaik di Indonesia.

Indonesia sendiri telah memiliki ratusan kota dari Sabang hingga Merauke yang memiliki ciri khasnya masing-masing sebagai bukti keberagaman negara.

Bahkan, diantaranya ada yang dinobatkan sebagai kota dengan tata kelola kota yang baik, meskipun hanya ada beberapa di antara ratusan kota lain.

Kota-kota tersebut telah berhasil membangun sarana dan prasarana perkotaannya sehingga kemakmuran, kesejahteraan, dan memiliki tampilan wajah kota yang baru dan nyaman.

BACA JUGA:Cair Lagi! Saldo OVO Gratis Hingga Rp1.000.000 Langsung Cair, Hanya dengan Ikuti Ini

Hal itu menjadi pencapaian baru dari tata ruang sempit akibat dari minimnya lahan terbuka yang tentu mengakibatkan dari pertumbuhan penduduk yang pesat.

Tata kota terbaik memiliki penilaiannya yang dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan hasil yang akan disimbolkan dengan pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tata kota terbaik di Indonesia.

1. Kota Bandung

BACA JUGA:5 Kota dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia, Ada yang Jumlahnya Mencapai 1000 Unit Lho

Kota Bandung merupakan kota yang menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Barat.

Kota yang dijuluki sebagai kota Paris Van Java ini berhasil menjadi kota nomor 1 yang memiliki tata kelola kota yang baik, karena hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya perubahan pada perkotaannya.

Bahkan, tak hanya itu, suasana Bandung sangat asri apalagi kesejukan udaranya yang membuat wisatawan semakin betah berwisatw di Kota Bandung.

2. Kota Banjarbaru

BACA JUGA:Berapa Biaya Kuliah Kebidanan Dari Awal Hingga Selesai di Kampus Terbaik QS WUR 2024? Simak Nih!

Kota Banjarbaru merupakan salah satu kota yang terkenal di Provinsi Kalimantan Kalimantan Selatan sekaligus menjadi hasil dari pemekaran Kabupaten Banjar.

Meskipun, usia berdirinya masih terbilang baru, tapi ternyata Banjarbaru telah terpilih menjadi wilayah yang memiliki tata kota yang baik di peringkat kedua setelah Bandung!

Tak hanya itu, kota ini pula berhasil menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan.

3. Kota Denpasar

BACA JUGA:5 PTN dengan Perpustakaan Terbaik di Indonesia, Deretan Kampus QS WUR 2024, Ada Kampusmu?

Berikutnya, kota yang menjadi wilayah dengan tata kelola ketiga adalah Denpasar.

Ibu kota dari Provinsi Bali ini dikenal sebagai kota pariwisata karena telah mendorong banyaknya perubahan dan kemajuan dari sarana dan prasarananya sehingga mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata.

Menjadi kota dengan tata kelola kota yang baik itu dapat dilihat dari banyaknya infrastruktur yang dibangun demu mendukung kesejahteraan penduduknya.

4. Kota Dumai

BACA JUGA:7 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Teknik Biomedik Terbaik di Indonesia, Segini Kisaran Biaya Kuliahnya!

Berikutnya, ada Kota Dumai yang berada di provinsi Riau yang menjadi hasil dari pemekaran Kabupaten Bengkalis sekaligus merupakan kota terluas di Indonesia selain Manokwari.

Dalam penataan kota, Dumai berhasil mengelola wilayahnya yang sangat strategis sehingga Dumai mendapatkan predikat sebagai salah satu wilayah dengan tata kota terbaik di Indonesia di peringkat ke-4.

5. Kota Palembang

Nah, lalu ada kota yang dijuluki kota pempek di Indonesia, apalagi kalau bukan Kota Palembang.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Diincar Dunia Kerja, Ada di Kampus QS WUR 2024 Lho! Minat?

Ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan ini ternyata berhasil memiliki pembangunan kota yang cukup pesat, terutama dalam infrastrukturnya.

Namun, tak hanya itu, tata kelola dari kota ini juga cukup seimbang dengan melakukan pemerataan di berbagai aspek.

Hal tersebutlah yang dapat membantu meningkatkan nilai kesejahteraan warganya, sehingga menjadikan Palembang dapat meraih predikat sebagai wilayah dengan tata kota yang baik pada peringkat ke-5.

6. Kota Semarang

BACA JUGA:3 Jurusan Termurah Miliki Peluang Kerja yang Luas, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?

Selanjutnya, kita kembali ke Pulau Jawa, ada Kota Semarang yang dikenal dengan beberapa bangunan tua yang memiliki banyak nilai sejarah, salah satunya Lawang Sewu.

Menjadi salah satu kota metropolitan, Semarang memiliki tata kelola kota yang baik karena kota ini begitu memperhatikan sarana dan prasarananya, sehingga memudahkan warga dalam meningkatkan nilai kehidupan.

Bahkan, sekarang dapat terlihat bahwa tampilan wajah kota Semarang semakin teratur dengan keberadaan sistem pembangunan infrastruktur yang merata.

7. Kota Surabaya

BACA JUGA:5 Kampus Idaman Perusahaan, Begitu Lulus Langsung Kerja, Deretan PTN QS WUR 2024

Menjadi kota metropolitan kedua setelah DKI Jakarta. Walaupun memiliki tata ruang wilayahnya yang cukup padat, kota Surabaya tetap mengelola pembangunan infrastrukturnya dengan cukup baik.

Sehingga dapat mengantarkan kota ini sebagai salah satu wilayah dengan tata kota yang baik dan tepat.

8. Kota Yogyakarta

Selain terkenal karena julukan kota pelajar dan memiliki budaya maupun sektor pariwisatanya, Yogyakarta juga menjadi kota dengan tata kelola yang baik.

BACA JUGA:10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

Hal itu menjadikan Jogja mengundang banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Maka sebagai wisatawan, kamu dapat melihat tata kelola kota yang baik dari Jogja melalui pembangunan infrastruknya yang sering dilakukan sebagai kenyamanan sekaligus kesejahteraan penduduknya.

Nah itulah beberapa kota dengan tata kelola kota terbaik di Indonesia.

Meskipun hanya beberapa, kota tersebut dapat mewakili Indonesia untuk menjaga nama baik negara di mata para wisatawan mancanegara.

BACA JUGA:4 Kampus Swasta Miliki Biaya Termurah di Indonesia, 1 Semester hanya Rp900 Ribu Aja, Ada PTS QS WUR 2024?

Di antara kota-kota yang disebutkan tadi, apakah ada kota kamu yang ikut serta menjadi kota dengan tata kota yang baik di Indonesia?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: