Honda

Berdayakan Ekonomi Produktif Lansia, Rumah Zakat Lakukan Hal Ini

Berdayakan Ekonomi Produktif Lansia, Rumah Zakat Lakukan Hal Ini

Saat Rumah Zakat menggelar Pelatihan Kain Jumputan Khas Palembang untuk Lansia di Desa Binaan 2 Ilir Palembang.-Rumah Zakat -

PALEMBANG, PALPRES.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terdapat 29,3 juta penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia pada 2021. 

Jika dilihat dari status ekonomi, mayoritas atau 43,29% penduduk lansia berasal dari rumah tangga dengan kelompok pengeluaran 40% terbawah. 

Apalagi dengan bertambahnya rasio ketergantungan lansia, maka terdapat beban yang harus ditanggung penduduk usia produktif untuk membiayai kehidupan para lansia. 

Selain itu, Pemerintah perlu berupaya untuk memberikan akses terhadap layanan kesehatan karena lansia rentan untuk terkena penyakit.

BACA JUGA: Alhamdulilah! Ada BLT Rp200.000 Bagi Pemilik BPJS, Cair Pekan Depan

Berangkat dari permasalah tersebut Rumah Zakat sigap menginisiasi dalam program Ramah Lansia menggelar pelatihan jumputan yang berlangsung dalam rangka pemberdayaan ekonomi produktif pada lansia di Posyandu Anggrek Bulan, wilayah Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2, Kota Palembang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para lansia meningkatkan produktivitas, daya motorik, daya ingat, serta indeks kebahagiaan mereka. 

Pelatihan jumputan ini menjadi langkah penting, dalam memperbaiki kualitas hidup para lansia di wilayah tersebut.

Selain manfaat individual, usaha jumputan yang di latih juga berpotensi untuk mendukung keberlanjutan kegiatan di Posyandu Lansia Anggrek Bulan. 

BACA JUGA:Ini Alasan Nasi Padang Terkenal dan Selalu Laris di Indonesia, Nomor 4 Tak Bikin Kantong Bolong

Hasil dari usaha ini diharapkan dapat membiayai berbagai kegiatan positif yang akan bermanfaat lebih luas, bagi seluruh lansia di Wilayah Kelurahan 2 Ilir, Palembang.

Sunarti, 70 tahun, atau sering disapa Mbah Narti, sangat antusias mengikuti palatihan jumputan yang di laksanakan oleh Rumah Zakat. Soalnya selain mendapat pelatihan, Mbah Narti bisa silaturahim bercengkrma dengan teman-teman lansia lainnya

"Alhamdulillah, terimakasih banyak Rumah Zakat hari ini kami bisa mengikuti pelatihan jumputan di Posyandu Lansia Anggrek Bulan.

Kami jadi semakin bersemangat untuk lebih produktif lagi kedepan," ujar Mbah Narti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rumah zakat