Honda

7 Manfaat Senam bagi Kesehatan Tubu, Sangat Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

7 Manfaat Senam bagi Kesehatan Tubu, Sangat Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Senam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Senam merupakan aktivitas fisik dengan melakukan gerakan tertentu yang teratur dan memerlukan kecepatan, keserasian, serta kekuatan tubuh, ada beberapa manfaat senam yang bisa Anda dapatkan di antaranya yaitu menjaga kesehatan jantung, memelihara kesehatan tulang dan sendi, hingga melatih kekuatan otot.

Berikut 7 manfaat senam bagi kesehatan tubuh yang wajib sobat Palpres ketahui.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Olahraga senam perlu dilakukan dengan menggerakkan hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala, tangan, hingga kaki, tidak hanya menjaga fungsi dari organ tubuh, senam diketahui mampu membantu menurunkan berat badan, hal ini mampu memaksimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga berat badan akan menurun.

BACA JUGA:Buruan Klaim! Begini Cara Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp50.000 Tanpa Aplikasi Tambahan

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Gerakan teratur yang dilakukan dalam senam juga mampu menguatkan otot jantung sehingga fungsinya dalam memompakan darah ke seluruh tubuh dapat berjalan dengan baik, salah satu manfaat senam adalah turut menjaga kesehatan jantung Senam dengan melakukan gerakan fisik yang teratur turut mengoptimalkan kinerja jantung, dan salah satu jenis senam yang disarankan untuk memelihara kesehatan jantung ini ialah senam aerobik.

3. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Karena dapat mengencangkan serta menguatkan otot, senam juga bermanfaat dalam memperbaiki bentuk tubuh, otot yang kuat dan kencang, terutama pada bagian betis, paha, pinggul, perut, dan lengan, turut mengoptimalkan bentuk tubuh agar menjadi lebih proporsional.

BACA JUGA:Deretan Kampus TOP! Ini 5 Kampus Negeri Para Menteri Kabinet Jokowi, Ada Kampus Impianmu?

4. Menjaga Kesehatan Otak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, senam turut membantu jantung dalam memompakan darah ke seluruh tubuh, tidak terkecuali dengan otak, darah tersebut akan membawa berbagai macam nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh otak dengan begitu, otak jadi memiliki nutrisi yang cukup sehingga fungsi dan kesehatannya pun dapat terjaga, selain itu senam juga turut melatih fokus dan konsentrasi karena gerakannya perlu dilakukan dengan serasi serta teratur.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Manfaat senam berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan sendi, hal ini dikarenakan senam utamanya dilakukan untuk melatih kemampuan gerak tubuh, gerakan-gerakan yang dilakukan saat senam juga membuat permukaan sendi selalu terlumasi oleh cairan sinovial (cairan khusus berbentuk kental pada sendi), apabila selalu terlumasi oleh cairan sinovial, kekakuan pada sendi pun bisa dicegah.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Abu Ayyub Al-Anshari, Tak Berhenti Berjihad Walau Berusia Lanjut

6. Melatih Kekuatan Otot

Di samping tulang dan sendi, senam yang melatih kemampuan gerak tubuh juga dapat meningkatkan kekuatan otot, berbagai macam gerakan yang dilakukan pada senam akan membuat otot berkontraksi dan berelaksasi secara berkala dengan begitu, kekuatan, fleksibilitas, serta massa otot akan terlatih karena hal tersebut, selain itu senam juga mampu memaksimalkan aliran darah ke otot sehingga organ tubuh tersebut akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membangun jaringan baru.

7. Meningkatkan Suasana Hati

Gerakan fisik pada senam tersebut dapat memicu terjadinya produksi hormon endorfin di dalam tubuh yang berperan dalam mengurangi rasa nyeri serta memberikan energi positif, senam yang dilakukan dengan berbagai macam gerakan fisik ternyata juga turut meningkatkan suasana hati, selain senam produksi hormon endorfin dalam tubuh juga meningkat dengan melakukan beberapa aktivitas fisik lain, seperti lari pagi, jogging, dan bersepeda. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: