5 Peran Kecerdasan Emosional di Dunia Kerja, Wajib Ada Sama Kamu Sebelum Bekerja, Apa Saja?
![5 Peran Kecerdasan Emosional di Dunia Kerja, Wajib Ada Sama Kamu Sebelum Bekerja, Apa Saja?](https://palpres.disway.id/upload/ae23c6ffdbcda6118d83fd56e01ad527.png)
5 Peran Kecerdasan Emosional di Dunia Kerja, Wajib Ada Sama Kamu Sebelum Bekerja, Apa Saja?--Sumber: Freepik
PALEMBANG, PALPRES.COM - Kecerdasan emosional sangat berperan saat memasuki dunia kerja.
Dengan kecerdasan emosional, seorang karyawan mampu mengelola emosi sehingga bisa berpengaruh pada kesuksesan saat berada di perusahaan tempat bekerja.
Oleh sebab itulah, kecerdasan emosional yang kami ulas di dalam artikel ini wajib kamu miliki sebelum bekerja.
Apa saja itu?
BACA JUGA:Tempat Main Billiard Terbaik di Palembang, Bisa Latihan Gratis Tetap Dapat Pelayanan Maksimal!
Seperti yang kita ketahui, kecerdasan emosional pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikolog dari Harvard University, Peter Salovey dan John Mayer dari University of New Hampshire.
Dengan memiliki kecerdasan emosional, seorang individu dapat mengelola dirinya sendiri dalam menghadapi masalah di dunia kerja.
Kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja karyawan.
Selain itu, dengan kecerdasan emosional, setiap karyawan dapat mencapai visi dan misi perusahaan dengan baik serta memengaruhi kesuksesan di dunia pekerjaan.
Lalu, bagaimana peran kecerdasan emosional dalam mempengaruhi individu ketika dunia pekerjaan? Berikut penjelasannya.
1. Komunikasi di dunia pekerjaan yang efektif
Dengan memiliki kecerdasan emosional, seorang karyawan mampu berinteraksi dengan baik dengan rekan kerjanya.
Seperti mampu menjadi pendengar yang baik dan mampu menerima saran serta memberi respon yang baik.
BACA JUGA:Lebih Tua dari Kerajaan Inggris, Inilah Bukti Kota Palembang Jadi Kota Tertua di Indonesia
Dengan begitu, seorang karyawan mampu menciptakan komunikasi yang efektif di lingkungan pekerjaannya.
2. Pengelolaan emosi yang baik
Mampu mengelola emosi dengan baik merupakan peran kecerdasan emosional yang dapat dirasakan oleh seorang karyawan di lingkungan kerja.
Pengelolaan emosi yang baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan tenang.
BACA JUGA:Industri Hulu Migas Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif Sumbagsel
Ketika emosi menghampiri seorang karyawan, dia mampu untuk mengelola emosinya, memahami dirinya sendiri, sehingga emosi tersebut tidak bisa memengaruhi dirinya ketika sedang bekerja.
3. Membentuk karyawan yang inovatif
Lingkungan pekerjaan menuntut seorang karyawan agar dapat beradaptasi dengan cepat dan karyawan yang cerdas secara emosional dapat menghadapi perubahan-perubahan di dunia kerja dengan baik, serta mampu membuat inovasi-inovasi di lingkungan kerjanya.
4. Dapat bekerja di bawah tekanan
BACA JUGA:Cukup Rebahan Aja Saldo DANA Gratis Rp272.000 Siap Penuhi Dompet Kamu
Di lingkungan pekerjaan tentunya terdapat berbagai macam tekanan-tekanan yag dirasakan oleh setiap karyawannya.
Kecerdasan emosional mampu membuat seorang karyawan dapat memisahkan masalah pribadi dan masalah pekerjaan di kantor.
Karyawan tersebut tidak akan membiarkan rasa stress dan tekanan tersebut menghambatnya dalam melakukan pekerjaannya secara profesional.
5. Mampu memecahkan masalah dengan cepat dan baik
Mempunyai kecerdasan emosional di dunia kerja dapat membantu seorang karyawan dalam pemecahan masalah.
Ketika sedang dihadapkan dengan masalah, karyawan tersebut akan lebih cepat mendapatkan solusi dan mampu menyelesaikannya dengan tenang.
Hal ini disebabkan karena karyawan tersebut memiliki kecerdasan emosional, jadi mereka bisa mengontrol diri dan pikiran mereka dengan baik.
Demikian peran-peran kecerdasan emosional yang sangat berpengaruh seorang karyawan dalam dunia pekerjaan.*
BACA JUGA:5 Khasiat Luar Biasa dari 3 Lembar Daun Salam, Nomor 1 Bisa Jadi Penarik Uang, Kamu Percaya?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: