Honda

Pantang Pulang Sebelum Padam, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Berjibaku Tangani Titik Api

Pantang Pulang Sebelum Padam, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Berjibaku Tangani Titik Api

Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor berjibaku memadamkan titik api di Musi Rawas--

LUBUKLINGGAU, PALPRRES.COM- Personel Satuan Brimob (Satbrimob) Polda Sumsel Batalyon B Pelopor BKO Polres Musi Rawas dalam rangka Ops Stop Karhutla Musi-2023 bersama personel Polsek BTS Ulu Berjibaku tangani kemunculan titik api di Desa Pangkalan Tarum Kecamatan BTS Ulu Cecar Kabupaten Musi Rawas, Senin, 18 September 2023.

Danyon Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor AKBP Andiyano SKM mengatakan, keberadaan lokasi titik api yang terjadi di Kabupaten Musi Rawas tepatnya di Desa Pangkalan Tarum Kecamatan BTS Ulu Cecar Kabupaten Musi Rawas berhasil dipadamkan, setelah personel berjibaku dengan kobaran api terlebih dahulu.

Setelah api berhasil dipadamkan para personel kemudian menghimbau dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk peduli kepada lingkungan sekitar tempat tinggal mereka agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan, UMKM Bisa Dapat BLT Rp2.400.000 Cair September Ini, Segera Daftar di Sini 

Personel Juga mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya penanggulangan karhutla, membangun sinergi dengan masyarakat, kemudian apabila mengetahui kejadian kebakaran agar melaporkan ke kantor Kepolisian terdekat.

Ada pun beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini mulai dari faktor kesengajaan seperti oknum masyarakat yang dengan sengaja membuka lahan dengan membakarnya hingga faktor kelalaian dari masyarakat yang membuang putung rokok sembarangan. Ujarnya

Danyon AKBP Andiyano SKM menyampaikan, dalam upaya Penanggulangan karhutla diwilayah hukum Polres Musi Rawas pihaknya mengerahkan personel Bawah Kendali Operasi (BKO), Di mana para personel ini turut membantu pemadaman di titik Karhutla.

“Kami menurunkan sebanyak 50 personel dan sudah disebar di tujuh polsek diantaranya, Polsek Muara Lakitan, Polsek Muara Kelingi, Polsek BTS Ulu, Polsek Terawas, Polsek Megang Sakti, Polsek Muara Beliti dan Polsek Jayaloka, sesuai dengan instruksi Bapak Kapolda, bahwa upaya pemadaman Karhutla harus dilakukan dengan cepat tanggap, dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki,”ungkapnya.

Danyon juga mengingatkan kepada personel untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menjaga keselamatan satu sama lain pada saat pelaksanaan tugas dilapangan. Laksanakan patroli rutin ke daerah-daerah yang dianggap rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta berikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk kelangsungan anak cucu kita nanti. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: