Honda

6 Tips Masak Sayuran agar Tetap Kaya Nutrisi, Potongan Sama Rata dan Jangan Kelamaan Direbus

6 Tips Masak Sayuran agar Tetap Kaya Nutrisi, Potongan Sama Rata dan Jangan Kelamaan Direbus

Tips masak sayuran agar tetap kaya nutrisi--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Sayuran-sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, tapi memasak sayur terlalu matang bisa mengurangi gizi di dalamnya.

Bagaimana cara memasak sayur yang benar agar kandungan nutrisinya tidak berkurang, oleh sebab itu simak tips berikut tentang cara mengolah sayuran agar tetap kaya nutrisi.

1. Potong sayuran dengan benar

Kita harus memotong sayuran menjadi ukuran yang seragam agar matang dengan merata, potongan yang terlalu kecil dapat menyebabkan lebih banyak nutrisi yang hilang, selama memasak gunakan bumbu secukupnya kita bisa menambahkan sedikit bumbu seperti rempah-rempah bawang putih atau bumbu lainnya, untuk memberikan tambahan rasa pastikan kita menggunakan bumbu secukupnya saja agar nutrisi pada sayuran tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Mengenal Kebiasaan Unik Suku Anak Dalam di Jambi, Suka Berpindah-pindah dan Berburu Hewan Liar

2. Perhatikan waktu memasak

Semakin lama sayuran dimasak, maka semakin banyak nutrisi yang bisa hilang, hindari memasak terlalu lama dan awasi kematangan sayuran dengan seksama, jangan terlalu sering mengadu terlalu sering, karena mengaduk sayuran dalam panci panas dapat menyebabkan kehilangan nutrisi, cukup aduk beberapa kali untuk meratakan panas.

3. Gunakan minyak sehat

Kita bisa menggunakan minyak sehat saat menumis sayuran, seperti minyak zaitun minyak dapat membantu menyerap beberapa nutrisi yang larut dalam lemak, kurangi penggunaan garam garam berlebihan dalam air rebusan dapat mengakibatkan nutrisi larut dalam air, gunakan garam secukupnya saja atau jika memungkinkan tidak perlu menambahkan garam sama sekali.

BACA JUGA:Supaya Tampilannya Hijau dan Segar, Ini 5 Cara Merawat Tanaman Hias Sirih Gading yang Perlu Kamu Perhatikan

4. Pilih metode memasak yang tepat

Sebelum memasak pastikan kita memiliki metode memasak yang tepat agar nutrisi dalam sayuran tetap terjaga, kemudian tumis singkat dengan sedikit minyak juga dapat mempertahankan nutrisi pastikan enggak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.

5. Jangan Lama Dikukus

Metode ini merupakan memasak sayur dengan uap air yang membantu mempertahankan nutrisi kita bisa menggunakan pengukus atau panci dengan sedikit air di bawahnya, jangan terlalu lama memasaknya agar sayuran tetap renyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: