Honda

Anak Kecanduan Gadget? Yuk Coba 5 Cara Paling Ampuh Ini untuk Mengatasinya

Anak Kecanduan Gadget? Yuk Coba 5 Cara Paling Ampuh Ini untuk Mengatasinya

Cara ampuh atasi anak kecanduan gadget -Freepik -

PALEMBANG, PALPRES.COM - Anak Kecanduan Gadget? Yuk Coba 5 Cara Ampuh Mengatasinya.

Nah buat kamu para orang tua yang sedang bingung gimana sih cara buat mengatasi anak yang Kecanduan gadget.

Tenang dulu nih mimin bakalan kasih kamu cara paling ampuh mengatasi anak yg sudah kecanduan gadget.

Para orang tua perlu mengetahui beberapa tips untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget, karena seperti yang kita ketahui penggunaan yang berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan baik fisik maupun mental.

BACA JUGA:Wajib Tau! Ini 9 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Buat Kamu Si Paling Anak Gadget

Kecanduan Gadget tidak selalu dialami oleh anak-anak saja lho, bahkan orang tua, remaja dan dewasa pun bisa mengalami kecanduan gadget, yang artinya kecanduan gadget berlaku untuk semua kalangan usia.

Namun kecanduan gadget sering kali kita temukan pada anak-anak, hal ini dapat mengakibatkan masalah pada tumbuh kembang anak serta proses belajarnya.

Biasanya anak-anak yang kecanduan gadget akan cenderung lebih asik dengan dunianya sendiri dan hanya fokus pada layar handphone, entah dia kecanduan game online atau menonton video yang ada di kanal YouTube maupun media sosial lainnya.

Nah, para orang tua harus waspada nih mengenai dampak yang akan ditimbulkan jika anak kecanduan untuk bermain gadget.

BACA JUGA:5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget, Nomor 3 paling Related

Berikut ini beberapa tips agar para orang tua dapat mengatasi anak yang kecanduan bermain gadget.

 

1. Jadilah contoh yang baik

Seperti yang kita ketahui usia anak-anak memiliki fase sebagai peniru terbaik, anak akan meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang sekitarnya.

Misalnya anda bermain ponsel didekat anak anda, dan hanya berfokus pada ponsel tersebut tanpa memperhatikan anak anda, maka anak anda pun akan meniru perilaku yang anda lakukan.

Maka dari itu jika anda ingin agar anak anda tidak kecanduan bermain Gadget, anda perlu memberikan contoh yang baik dengan cara bijak dalam menggunakan gadget. 

BACA JUGA:Apa Benar Kebanyakan Main Gadget Picu Mata Juling pada Anak?

2. Dampingi anak Saat bermain Gadget

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya gadget merupakan alat elektronik yang memiliki jangkauan luas, semuanya bisa kita temukan dengan mudah melalui layanan Internet.

Menggunakan gadget dengan bijak akan dapat membantu kita, sedang menggunakan gadget berlebihan akan menimbulkan beberapa dampak negatif, namun bukan berarti selalu negatif ya.

Maka dari itu para orang tua perlu mendampingi sang buahati saat sedang bermain gadget, arahkan anak anda pada hal-hal baik yang ada di dalam gadget.

elain itu anda juga bisa membantunya memahami apa yang dilihatnya dengan menjelaskan terkait apa yang dilihatnya menggunakan bahasa sehari-hari yang bisa dipahami oleh anak anda.

BACA JUGA:Kecanduan Gadget Bisa Obesitas hingga Badan Menjadi Bungkuk, Nggak Percaya?

3. Bersikap Tegas dan Konsisten

Nah, hal ini sangat perlu anda miliki dalam hal mendidik anak anda. Anda harus tegas dan konsisten untuk menerapkan peraturan yang dibuat untuk anak anda.

Jangan sampai anda luluh dengan rengekan si kecil yang meminta anda untuk memberi nya gadget, anda harus mengingat tujuan utama anda serta dampak yang akan di timbulkan jika anak mengalami kecanduan bermain gadget.

Memang sulit dan merepotkan saat menghadapi tantrum pada anak, namun yakinlah hal tersebut hanya sulit di awal dan nantinya anak akan terbiasa.

 

4. Sistem Pengasuhan Jaman Dulu

Saat ini gadget sering dijadikan sebagai pengganti untuk mengawasi dan mengasuh anak, padahal hal tersebut merupakan salah satu cara mendidik anak yang bisa dibilang kurang tepat.

Sedangkan orang tua zaman dulu mampu mengerjakan semua pekerjaan karena mereka pandai mengatur waktu dengan baik antara mengasuh anak sekaligus mengurus rumah tangga.

Seperti yang kita ketahui anak-anak di masa lalu juga sudah banyak membantu pekerjaan orangtuanya sejak usia dini.

Selain meringankan pekerjaan Anda, hal itu juga dapat melatih kemandirian sang anak.

Jadi saat anda menerapkan konsep pengasuhan zaman dulu, anak anda tidak akan berfokus pada ponselnya dan tentunya dia akan belajar hal baru dan dapat menerapkannya.

 

5. Jangan Letak Gadget Sembarang

Dengan anda meletakkan gadget sembarangan anak anda akan mudah untuk mengambil dan menggunakannya, selain itu pastikan pula area kamar tidur anak bebas dari alat tersebut untuk menghindari anak kecanduan bermain gadget. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: