Honda

Tangkal Penyelewengan Dana Desa, Muba Luncurkan Aplikasi Ini

Tangkal Penyelewengan Dana Desa, Muba Luncurkan Aplikasi Ini

Pj Bupati Apriyadi Mahmud saat memberi keterangan pada pers, terkait diluncurkannya Aplikasi Pentas Jaksa Muba (Pendampingan dan Konsultasi Jaga Kawal Dana Desa).-Dinkominfo Muba-

MUBA, PALPRES.COM - Upaya pencegahan potensi penyelewengan Dana Desa di Kabupaten Muba, sangat dimaksimalkan Pj Bupati Apriyadi Mahmud bersama stakeholder terkait. 

Pencegahan tersebut kali ini dengan telah diluncurkannya Aplikasi Pentas Jaksa Muba (Pendampingan dan Konsultasi Jaga Kawal Dana Desa) di Opproom Pemkab Muba, Jumat 27 Oktober 2023.

"Aplikasi Pentas Jaksa Muba ini upaya konkret untuk menangkal potensi penyelewengan Dana Desa, baik yang melalui APBD maupun ABPD," ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud di sela Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) dan Launching Aplikasi Pentas Jaksa Muba (Pendampingan dan Konsultasi Jaga Kawal Dana Desa) Kabupaten Musi Banyuasin. 

Mantan Kepala Desa Pematang Palas ini menjelaskan, Kabupaten Muba mencatat hampir setengah Triliun perputaran Dana Desa yang bersumber dari APBN dan APBD. 

BACA JUGA:Alhamdulillah! Bansos BPNT Cair, Ada Dana Rp400.000 Masuk ke Rekening Penerima di Wilayah Ini

BACA JUGA:7 Bansos Siap Cair Akhir Bulan Oktober, Kategori Penerimanya Cek di Sini Ya

"Jadi ini harus benar-benar dikawal pengelolaannya, agar benar-benar transparan dan berdampak untuk masyarakat desa di seluruh Muba," terangnya. 

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini merinci, sumber dana desa di Muba pada Tahun Anggaran 2023 ini saja tercatat ada sekitar Rp270 Milyar dan APBD Kabupaten Muba Rp221 Milyar. 

"Ini jumlah yang sangat besar dan harus dirasakan masyarakat desa," ulasnya.

Sementara itu, Plh Kejari Muba Nauman Harahap SH MH mengatakan, inisiasi Aplikasi Pentas Jaksa Muba sangat transparan dan detail dalam menyajikan informasi serta data pengelolaan dana desa. 

BACA JUGA:Cara Cek Penerima BLT El Nino Senilai Rp400.000, Masyarakat dapat Bantuan Beras dan Uang Tunai

BACA JUGA:Berkah Akhir Bulan! Ada BLT Rp400.000 Masuk ke ATM, Bansos BPNT Tahap 5 Termin 1 Sudah Cairkah?

"Ini merupakan benteng yang sangat kuat, agar pengelolaan dana desa di Muba benar-benar transparan dan bermanfaat yang baik untuk masyarakat," ujarnya. 

Menurutnya, anggaran Dana Desa di Muba yang cukup besar tentu harus diimbangi dengan pengawasan yang maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba