Honda

Bentuk Kepedulian Pertamina Drilling, Dorong Pemanfaatan Kawasan Hutan Berkelanjutan

Bentuk Kepedulian Pertamina Drilling, Dorong Pemanfaatan Kawasan Hutan Berkelanjutan

- Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), berkomitmen dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan pelestarian lingkungan yang melibatka-Istimewa-

JAWA TIMUR, PALPRES.COM- Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), berkomitmen dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan pelestarian lingkungan yang melibatkan masyarakat. 

Salah satunya dengan meluncurkan program Pemberdayaan Masyarakat Wanaternak dan Menanam sebanyak 5.600 bibit kayu putih di Petak 79 pada lahan seluas 5 Ha (hektar), Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) UGM, desa Pitu, Ngawi, Jawa Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ngawi, Muhammad Taufiq Agus Susanto, menyampaikan, program ini akan bermanfaat bagi perekonomian masyarakat Desa Pitu.

“Terima kasih kepada Pertamina Drilling dan Pertamina Foundation yang telah melaksanakan program CSR di kawasan Hutan Pertamina UGM.

BACA JUGA:Pertamina Drilling Berhasil Selesaikan External Casing Cutter Sumur Eksplorasi di Kalimantan Timur

Kehadiran Pertamina di kawasan hutan ini mampu peningkatan perekonomian masyarakat desa Pitu yang mayoritasnya merupakan peternak dan pesanggem (petani hutan).

Harapan kami banyak masyarakat desa Pitu yang terlibat sehingga manfaatnya bisa langsung mereka rasakan,” ujar Taufik.

Program TJSL Pertamina Drilling berkolaborasi dengan Pertamina Foundation, dengan nama Wanaternak ini merupakan kombinasi antara kegiatan sektor kehutanan dan kegiatan peternakan. 

Wanaternak sejalan dengan skema pemanfaatan lahan hutan secara sinergis dengan kepentingan peternakan sehingga mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar karena mampu menciptakan lapangan kerja baru dan memungkinkan mereka menjadi pemasok hewan ternak.

BACA JUGA:Proyek Penggantian Pipa Minyak Utama Selesai, Pertamina Hulu Energi OSES Berhasil Kembalikan Produksi

Manager Communication and Relations Pertamina Drilling, Meddenia Ayu Wulandari, memastikan tim CSR Pertamina Drilling bersama Pertamina Foundation dan UGM akan terlibat langsung dalam pelatihan, pendampingan, dan pemantauan bagi para peternak dan pesanggem.

“Kami akan terlibat langsung dalam program ini untuk memastikan keberlanjutan, kebermanfaatan, dan harapannya bisa membawa kemandirian bagi desa ini. 

Apabila progam Wanaternak ini berjalan terbukti menciptakan perubahan lingkungan yang lebih baik dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Sangat memungkinkan kami akan melaksanakan program lainnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: