Honda

Literasi Indonesia Naik 5-6 Tingkat di Tahun 2022, Ini Tanggapan Aktivis Literasi Empat Lawang

Literasi Indonesia Naik 5-6 Tingkat di Tahun 2022, Ini Tanggapan Aktivis Literasi Empat Lawang

Indri Dwi Agustin, Wakil Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang sekaligus mahasiswa di Universitas Sriwijaya-Foto: Anita-Palpres

"Dan lagi hal itu malah semakin membuat saya merasa bersemangat dalam melakukan penebaran minat literasi di kalangan masyarakat yang bisa saya jangkau," kata Indri.

Indri merasa gerakan literasi yang ia gaungkan di Empat Lawang belum besar, namun setidaknya ia telah membantu peningkatan ranking literasi Indonesia di kancah internasional.

BACA JUGA:Pemkab Mura Roadshow Literasi ke Desa, Ini Tujuannya

BACA JUGA:Seberapa Penting Membaca untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045? Ini Kata Penggiat Literasi Empat Lawang

"Memang sudah seharusnya bagi kita untuk menekuni minat dan niat kita dalam bidang literasi baik seperti menulis, membaca dan lain lain," ucap Indro

Dengan menekuni minat literasi, lanjut Indri, hal tersebut membawa dampak baik diri sendiri.

Hal itu dikarenakan jika semakin besar minat literasi seseorang maka makin besar pula lah pengetahuan dan wawasan yang akan dimiliki.

"Besar harapan saya agar peringkat kita akan terus menaik seiring waktu dan membawa perubahan di dunia literasi di negara kita tercinta ini," tutur Indri.

BACA JUGA:Peduli Literasi di Empat Lawang, Pemuda Ini Lakukan Hal Berikut, Patut Dicontoh!

BACA JUGA:Pemkot Lubuklinggau Siap Ikuti Festival Literasi Nusantara 2023, Ini Persiapannya

Tidak ada ruginya bagi seseorang untuk membaca hal hal yang berguna atau menulis hal hal yang dirasa cukup penting agar bisa menekan angka ketergantungan terhadap gadget dan dunia digital.

Kalau pun memang seseorang sudah nyaman dengan gadget, maka sebenarnya gadget ini adalah pintu digital untuk berbagai macam ilmu literasi, bahkan ada yang namanya literasi digital.

"Saya juga berterima kasih pada semua jajaran yang telah membantu kenaikan peringkat literasi Indonesia menjadi 5-6 tingkat semoga kita semua bisa menjadi bagian dalam kenaikan peringkat tersebut aamiin," beber Indri.

Rasanya tidak akan malu lagi mengingat bahwa tingkat literasi Indonesia yang terbawah dan mengalami peningkatan.

BACA JUGA:Seberapa Penting Literasi di Kalangan Pelajar? Ini Kata Penggiat di Kabupaten Empat Lawang

BACA JUGA:Bangkitkan Minat Baca di Musi Rawas, Bupati Lantik Bapakdan Bunda Literasi

Indri merasa bangga dan senang sekali akan peningkatan tersebut.

Hal ini jugalah menjelaskan ketangguhan sistem pendidikan yang ada di negara Indonesia selama mengatasi masalah pendidikan yang terjadi.

Mengingat ini adalah pencapaian paling tinggi sepanjang sejarah Indonesia mari bersama sama pertahankan dan tingkatkan lagi agar Indonesia bisa ikut bersaing dalam dunia global di luar sana.

"Sehingga kita bisa membantu mewujudkan negara menjadi negara maju yang sejahtera dalam bidang literasi maupun bidang lainnya," harap Indri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: