Honda

Mengenal Thantophobia, Ketakutan yang Berlebihan Terhadap Kematian, Ini Gejala dan Cara Mengobatinya

Mengenal Thantophobia, Ketakutan yang Berlebihan Terhadap Kematian, Ini Gejala dan Cara Mengobatinya

Mengenal Thantophobia, ketakutan yang berlebihan terhadap kematian, ini gejala dan cara mengobatinya.-Freepik.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Thantophobia adalah ketakutan yang ekstrem terhadap kematian atau menjadi takut akan proses kematian itu sendiri. 

Orang yang menderita thantophobia sering kali merasa tidak nyaman atau sangat cemas ketika berpikir tentang kematian, baik itu tentang kematian diri sendiri atau orang-orang terdekat.

Gejala-gejala yang dapat muncul pada seseorang yang menderita thantophobia dapat meliputi kecemasan yang berlebihan, serangan panik, kesulitan tidur, merasa terisolasi, dan rasa takut yang mendalam terhadap kematian atau prosesnya. 

Selain itu, gangguan makan, depresi, dan rasa putus asa juga bisa menjadi gejala yang sering terjadi.

BACA JUGA:Mengenal Acrophobia, Penyakit Takut Ketinggian, Ini Penyebab dan Gejalanya

BACA JUGA:Kamu Takut Ketinggian? Coba 13 Cara Jitu Ini untuk Menghilangkannya

Penyebab thantophobia bisa bervariasi tiap individu.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi inklusi adanya pengalaman traumatis yang berhubungan dengan kematian, paparan terhadap informasi tentang kematian yang negatif, pengalaman kehilangan yang signifikan, atau faktor genetik. 

Juga akan ada beberapa orang yang secara alami cenderung memikirkan tentang kematian dengan intensitas yang lebih tinggi, yang juga bisa berkontribusi pada timbulnya thantophobia.

Pengobatan untuk thantophobia bisa meliputi terapi perilaku kognitif (CBT) yang fokus pada mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku negatif terkait kematian.

BACA JUGA:Kamu Sering Minder dan Takut Bergaul? Tenang, Begini Solusi Solusi Mengatasinya

BACA JUGA:JANGAN TAKUT GELAP, Batu Akik Fosfor Bisa Jadi Solusi Saat Aliran Listrik Padam

Selain itu, terapi eksposur juga bisa digunakan, di mana individu secara bertahap dan terkontrol diperkenalkan pada situasi-situasi yang memicu ketakutan mereka terhadap kematian.

Psychiatrist atau psikolog juga dapat meresepkan obat-obatan seperti antidepresan atau anti-kecemasan untuk membantu mengelola gejala-gejala yang terkait dengan thantophobia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: