Honda

Deretan Uang Koin Kuno Ini Masih Diburu Kolektor di 2024, Ada yang Terbuat dari Emas

Deretan Uang Koin Kuno Ini Masih Diburu Kolektor di 2024, Ada yang Terbuat dari Emas

Berlimpah Cuan! Begini 4 Cara Jual Koin Kuno, Mudah Banget, Tanpa Ribet, Laku Hingga Jutaan Rupiah--

Namun, kolektor juga sering mencari uang koin ini dengan kriteria tertentu, seperti adanya kesalahan cetak atau variasi ketebalan, yang dapat membuat harga per kepingnya melonjak hingga Rp1.000.000.

 

3. Koin Emas Gambar Presiden Soeharto

Pada tahun 1995, Bank Indonesia merilis uang koin spesial sebagai bagian dari perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia, mengabadikan gambar Presiden Soeharto. 

Koin spesial ini memiliki keistimewaan karena terbuat dari emas kuning 23 karat, dengan bobot mencapai 50 gram, lebar 35 mm, dan ketebalan 2,78 mm.

Di sisi belakangnya, terdapat gambar Presiden Soeharto, sedangkan sisi depannya dihiasi oleh burung Garuda, lambang negara Indonesia. 

Uang koin ini memiliki nilai nominal sebesar Rp850.000, namun, di pasar koleksi, harganya dapat melonjak drastis hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Kesenangan para kolektor untuk memiliki potongan bersejarah ini semakin diperkuat oleh keterbatasan pasokan, menjadikannya barang langka yang sulit ditemukan. 

Keunikannya sebagai uang koin spesial merayakan momen bersejarah membuatnya menjadi incaran para kolektor yang ingin menyimpan dan menghargai sepotong sejarah Indonesia yang langka.

 

4. Koin Rp1.000 Kelapa Sawit

Koin bergambar kelapa sawit ini terbit pada 1993. 

Uang logam ini memiliki desain yang menarik, dengan bagian pinggir berwarna putih dan bagian tengah berwarna kuning.

Di sisi depannya, terdapat gambar kelapa sawit, sementara di sisi belakangnya, tampak burung Garuda sebagai lambang negara. 

Bentuk uang ini bulat pipih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: