Honda

Thom Haye Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Pelatih SC Heerenven Kees van Wonderen: Saya Tidak Mau...

Thom Haye Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Pelatih SC Heerenven Kees van Wonderen: Saya Tidak Mau...

Selaku pelatih SC Heerenveen, Kees van Wonderen terkejut mendengar keputusan Thom Haye yang merupakan pemain SC Heerenveen yang memilih untuk dinaturalisasi menjadi WNI oleh Timnas Indonesia-Tangkapan Layar/YT GL NEWS - REPORT-

PALEMBANG.PALPRES.COM - Keputusan Thon Haye yang datang ke Indonesia untuk menjalani rangkaian proses naturaliasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) membuat terkejut pelatih SC Heerenveen Kees van Wonderen

Selaku pelatih SC Heerenveen, Kees van Wonderen terkejut mendengar keputusan Thom Haye yang merupakan pemain SC Heerenveen yang memilih untuk dinaturalisasi menjadi WNI oleh Timnas Indonesia

Seperti diketahui, Thom Haye datang ke Indonesia bersama Jay Idzes pada Jumat 29 Desember 2023 lalu, guna memenuhi undangan dari PSSI yang akan segera merampungkan proses naturalisasi keduanya. 

Jay Idzes telah mengambil sumpah setia kepada negara Indonesia, sementara Thom Haye masih menunggu proses naturalisasi dirinya selesai. 

BACA JUGA:BUSYET! Harga Pasar Thom Haye Melebihi Skuad Timnas Vietnam, Nilainya Rp13 Miliar

BACA JUGA:Siapakah Thom Haye 'Sang Profesor'? Inilah Perjalanan Karier Pemain Naturalisasi Terbaru Timnas Indonesia

Kees van Wonderen terkejut mendengar kabar pemainnya Thom Haye beralih warganegara menjadi warga negara Indonesia dan melepas kewarganegaraan Belandanya.

Thom Haye adalah jenderal utama lapangan tengah SC Heerenveen yang selalu menjadi pilihan yang diandalkan Kees van Wonderen di pentas liga kasta teratas Belanda. 

Bahkan Kees van Wonderen seringkali menyamakan Thom Haye dengan legenda Belanda, Boudewijn Zenden yang pernah bermain untuk Liverpool.

Walaupun cukup terkejut mendengan kabar akan berpindahnya kewarganegaraan pemainnya ini, namun Kees van Wonderen tetap memberikan dukungan penuh atas keputusan dari Thom Haye sambil mendoakan yang terbaik untuknya dan Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Inilah Thom Haye, Calon Pemain Timnas Indonesia, Berjuluk The Professor

BACA JUGA:DAHSYAT! Timnas Indonesia akan Memiliki 11 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae-yong, Thom Haye Segera Menyusul

"Thom akan mencopot kewarganegaraan Belandanya demi menjadi warga Indonesia.

Ini adalah keputusan sangat menarik dan berani.

Tetapi saya tidak mau memberikan komentar lebih jauh karena ini merupakan hak pribadi setiap pemain dan itu sangat biasa terjadi.

Saya mendukung penuh keputusannya. Semoga Thom dan Timnas Indonesia sukses dihari-hari yang akan datang,” ujar Kees van Wonderen dikutip dari kanal YouTube GL News.

BACA JUGA:BURSA TRANSFER 2024! Bek Murah Liga Prancis Jadi Rebutan Klub Raksasa Eropa, AC Milan Paling Getol

BACA JUGA:7 Pemain Top Ini Bisa Bela Timnas Indonesia, Andai Naturalisasi Ada Sejak Era 70-an

Sekadar informasi, Thom Haye memiliki nama lengkap Thom Jan Marinus Haye yang lahir pada 9 Feb 1995 di AmAmsterdam  Belanda. 

Memiliki tinggi 1,87 m, Thom Haye kini memperkuat klub SC Heerenveen dan berposisi sebagai Gelandang, baik itu gelandang serang maupun gelandang bertahan.

Kontraknya dengan klun SC Heerenveen akan berakhir pada 30 Jun 2024.

Thom Haye juga telah menjalani proses pemeriksaan kesehatan (medical  check up), sebagai bagian dari proses naturalisasinya.

BACA JUGA:TC Tahap 2, Indra Sjafri Umumkan 34 Pemain Timnas Indonesia U20

BACA JUGA:3 Pemain Timnas Indonesia Jadi Ancaman Libya, Debut Perdana Justin Hubner?

Tes kesehatan ini dilakukan selang satu hari sejak kedatangannya ke Indonesia, dan bertempat di RS Mitra Keluarga Cibubur, Jawa Barat.

Bebagai rangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Thom Haye untuk mengecek kondisi fisiknya.

Prosesnya sendiri diketahui memakan waktu hingga kurang lebih 3 jam.

“Ya semua berjalan lancar, setelah sampai di Indonesia saya istirahat yang cukup untuk menjalani tes hari ini.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Bertabur Pemain Naturalisasi, Ini Kata Legenda Belanda Robin van Persie!

BACA JUGA:Buat Apa Libya Menghadapi Timnas Indonesia? Ternyata Ini Targetnya

Satu tahap sudah saya lewati, terima kasih RS Mitra Keluarga, yang banyak membantu saya saat medical check up,” ujar Thom Haye dalam keterangan di laman resmi PSSI, Jumat 29 Desember 2023 lalu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: