Honda

Telan Dana 90 Miliar, Pembangunan TC PSSI di IKN Rampung Juni, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan

Telan Dana 90 Miliar, Pembangunan TC PSSI di IKN Rampung Juni, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan

Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, pelatih Timnas Indonesia U20 Indra Sjafri, dan Exco PSSI Muhammad, Khairul Anwar, Sekjen Yunus Nusi, serta tiga pemain Timnas Indonesia U20 meninjau-pssi.org-

KALIMANTAN TIMUR.PALPRES.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung perkembangan pembangunan Training Center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu 17 Januari 2024.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan jika proses pembangunan Training Center tersebut terus dilakukan dan dikebut.

Jokowi mengungkapkan jika progress pembangunan TC PSSI saat ini sudah mencapai 20%.

“Kalau kita lihat memang sudah dimulai dan sampai hari ini sudah tuntas 20%.

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023 Tajikistan vs Qatar: Tuan Rumah Lolos ke Babak 16 Besar, Usai Tekuk Tajikistan 1-0

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023 Lebanon vs China: Duel Sengit Grup A Berakhir Imbang 0-0

Dan kita harapkan Mei (2024) sudah jadi, dan Juni (2024) sudah bisa dipakai untuk TC,” jelas Presiden Jokowi seperti dilansir dari laman resmi PSSI pada Kamis 18 Januari 2024.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengungkapkan jika nantinya, para pemain Timnas Indonesia U20 akan melakukan pemusatan latihan di TC tersebut. 

“Untuk Timnas Indonesia U20, masuk ke sini.

Coach Indra Sjafri juga sudah katakan siap untuk TC di IKN.

BACA JUGA:Bukan Indonesia, Ini 4 Negara Terbanyak Gunakan Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023

BACA JUGA:Lama Dipantau, Pratama Arhan Akhirnya Gabung Suwon FC, Ini Alasan Pelatih Suwon FC

Rumput juga sudah disemai semuanya,” lanjut Presiden Jokowi.

Sekadar informasi, pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan prestasi sepakbola Indonesia. 

TC PSSI ini dibangun dengan fasilitas bertaraf internasional.

Sehingga nantinya diharapkan para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung.

BACA JUGA:Resmi, Pratama Arhan Gabung Suwon FC, Saatnya Meniti Karir di Klub

BACA JUGA:Shayne Pattynama Siap Tampil di Piala Asia 2023, Ingin Menang Tapi Buta Kekuatan Vietnam

TC PSSI ini juga dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta metodologi latihan terbaik. 

Diketahui, pembangunan TC PSSI tahap 1 ini mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai US$5.6 juta atau setara dengan Rp 90 miliar.

Dalam pembangunan tahap 1 ini, pengerjaan pembangunan difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, dan asrama, serta ruang ganti pemain.

Dimana nantinya untuk asrama TC PSSI di Tahap 1, total memiliki kapasitas 70 orang, yang terdiri atas 28 twin room untuk pemain, 10 single room untuk tim pelatih, dan 3 Suite untuk pelatih kepala.

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023 Arab Saudi vs Timnas Oman: Anak Asuh Roberto Mancini Menang Tipis 2-1, Diselamatkan VAR!

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023 Thailand vs Kirgistan: Supachai Jaided Cetak Brace, The Elephant War Menang 2-0

Saat meninjau lokasi TC, Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, pelatih Timnas Indonesia U20 Indra Sjafri, dan Exco PSSI Muhammad, Khairul Anwar, Sekjen Yunus Nusi, serta tiga pemain Timnas Indonesia U20.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan jika pemerintah dan PSSI berharap pembangunan TC tahap 1 ini dapat segera diselesaikan sesuai target yakni pada Mei 2024.

Dengan demikian, diharapkan para pemain Timnas Indonesia U20 dan staf pelatih dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepakbola Indonesia.

"Tadi Pak Presiden Jokowi menyatakan apresiasinya atas progres pembangunan tahap 1 TC PSSI yang mencapai 20%.

BACA JUGA:Pembinaan Bibit Atlet Berprestasi, Pj Gubernur Agus Fatoni Minta Sumsel KONI Lakukan Hingga ke Pelosok Daerah

BACA JUGA:Hasil Playoff Degradasi Liga 2: Sriwijaya FC Libas SADA Sumut FC 3-1, SFC di Puncak Klasemen Grup A

Tentunya ini menunjukkan komitmen PSSI dan Adhi Karya dalam mempercepat pembangunan TC.

Dan ini merupakan bagian dari transformasi sepakbola Indonesia menuju ke arah yang lebih baik lagi," ungkap Erick Thohir.

"Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, PSSI nantinya akan memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk para pemain dan staf pelatih agar dapat berlatih dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas sepakbola Indonesia," lanjut Erick.

Oleh karena itu Erick Thohir mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia dan juga FIFA Forward. 

BACA JUGA:Kalah dari Irak, Nasib Timnas Indonesia di Piala Asia Akan Ditentukan Oleh Negara Ini

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023: Malaysia vs Yordania, Harimau Malaya Dicukur 4-0

"PSSI terus berkomitmen untuk mempercepat pembangunan TC demi transformasi sepakbola Indonesia yang lebih baik. Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward," ujar Erick.

Dari blue print, terungkap TC PSSI di IKN akan memiliki total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya akan bermanfaat bagi tim nasional, namun juga masyarakat sekitar.*

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: