Honda

Alasan Kenapa Kamu Wajib Turun Dari Motor Saat Isi Bensin Adalah

Alasan Kenapa Kamu Wajib Turun Dari Motor Saat Isi Bensin Adalah

Alasan Kenapa Kamu Wajib Turun Dari Motor Saat Isi Bensin-freepik-freepik.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Khusus Motor Sport, setiap petugas Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) banyak menyarankan para pengendaranya untuk turun dari sepeda motor saat isi bensin. Kenapa harus turun? Padahal sambil duduk diatas motor sport, tangki masih bisa diisi. Begini alasannya!

Ini tidak wajib bagi para pengendara matic dan bebek, karena tanpa disuruh pun mereka akan turun dari motor ketika tiba gilirian mengisi bensin lantaran biasanya tangki bensinnya berada di bawah jok, dan ini hal yang wajar.

Namun, bagi pengendara motor sport yang posisi tangki bensinnya berada di depan, mengapa wajib turun dari motor saat isi bensin?

Menurut keterangan dari salah seorang petugas SPBU di kawasan Veteran, ia menjelaskan bahwa hal ini sudah menjadi Standard Operational Procedure (SOP).

BACA JUGA:Kuras Tangki Bensin Sepeda Motor Secara Rutin: Hal Tak Terduga Ini Akan Terjadi

BACA JUGA:Ini Keunggulan Baterai MPP e: yang jadi Sumber Energi Utama pada Motor Listrik Terbaru Honda

Setiap pengendara motor yang mengisi bensin wajib turun dari kendaraan dan memastikan kondisi mesin sepeda motornya dalam kondisi mati terlebih dahulu sebelum dilakukan pengisian BBM.

Ia menjelaskan, bahwa alasan pengendara wajib turun adalah jika ada kecelakaan yang terjadi ketika proses pengisian bensin berlangsung, pengendara dapat langsung bereaksi dan melakukan antisipasi.

Contoh kecelakaan tersebut seperti misalnya mendadak ada percikan api saat pengisian karena uap bensin yang dapat menyambar ke pengendara atau bahkan terkena tumpahan bensin ketika pengisian bensin.

Dengan demikian, dampak insiden tersebut yang bisa menimbulkan korban dapat diminimalisir.

BACA JUGA:8 Komponen Mobil Ini Wajib Diganti pada Umur 100.000 KM, Apa Aja?

BACA JUGA:New Honda Stylo 160 Pikat Pengunjung IIMS 2024

Pengendara juga bisa langsung menghindar dan berlindung di area yang aman jika terjadi kebakaran atau bahkan ledakan di sepeda motor yang dinaikinya.

Sehingga, demi keamanan kita bersama saat pengisian bensin ada baiknya kita turun sebentar dari kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: