Honda

NASA Berikan Respon Positif Pembangunan IKN di Kalimantan Tmur, Seperti Apa?

NASA Berikan Respon Positif Pembangunan IKN di Kalimantan Tmur, Seperti Apa?

Ilustrasi pembangunan IKN di Kalimantan Timur yang mendapat respon positif NASA-Kementerian PUPR-

PALPRES.COM - Sejumlah pengamat dan peneliti khawatir atas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa merugikan lingkungan dan keanekaragaman hayati di Kalimantan.

Hal yang menjadi sorotan adalah potensi bahaya terhadap hutan dan satwa liar di kawasan itu akibat perubahan penggunaan lahan untuk pembangunan IKN.

Akan tetapi, kajian dari peneliti dan pengamat ini berbeda dengan NASA yang memberikan respon positifnya.

Lantas, seperti apa respon positif dari NASA tersebut terkait pembangunan IKN di Kalimantan Timur?

BACA JUGA:Telan Dana Rp561 Miliar, Kaltim Dapat Perbaikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah

Ya, kekhawatiran peneliti dan pengamat bahwa ekosistem yang kaya di Kalimantan, termasuk hutan bakau dan spesies unik bisa terancam akibat pembangunan IKN.

Berbeda dengan para peneliti, NASA sebagai lembaga antariksa terkemuka justru memberikan respon positif terhadap rencana pembangunan IKN tersebut.

NASA mengakui bahwa upaya ini diambil Indonesia guna mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Jakarta.

Respon positif ini menunjukkan pengakuan terhadap keseriusan Indonesia untuk memindahkan ibu kota, serta upaya mengatasi permasalahan lingkungan di Jakarta.

BACA JUGA:Deretan HP Terlaris di Indonesia, Mulai Samsung hingga Infinix, Tapi Tak Ada iPhone!

NASA pun memandang bahwa pembangunan IKN sebagai kesempatan bagi Indonesia untuk mencontoh pembangunan kota yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

NASA merilis Citra satelit yang memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak lingkungan dari pembangunan IKN, temasuk perubahan penggunaan lahan dan deforestasi.

Dengan memberikan data akurat yang terperinci, NASA membantu memperkuat kebijakan pembangunan yang berkelanjutan dan memperhatikan kepentingan lingkungan serta kesejahteraan masyarakatnya.

NASA juga memainkan peran penting dalam memantau dampak lingkungan dari proyek-proyek besar di IKN, serta memberikan rekomendasi untuk mitigasi dampak negatif yang kemungkinan muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: