Honda

RESMI! 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024, Bersamaan dengan Muhammadiyah dan Arab Saudi

RESMI! 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024, Bersamaan dengan Muhammadiyah dan Arab Saudi

Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan memantau Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 H di atas gedung Hotel Aryaduta Palembang, Selasa 9 April 2024--

Keselarasan dalam penetapan Hari Raya Idul Fitri antara pemerintah Indonesia, Muhammadiyah, dan Arab Saudi menjadi bagian penting dalam menentukan waktu pelaksanaan perayaan ini.

Meskipun metode pengamatan mungkin sedikit berbeda, keputusan akhirnya selaras, menunjukkan kesepakatan yang kuat dalam urusan penanggalan agama.

BACA JUGA:Rakernas Kemenag, Evaluasi Capaian 2023, Target Tahun 2024 dan Penguatan Kerukunan Pasca Pemilu

BACA JUGA:Dibangun Tahun 1920, Daerah di Sumatera Ini Dulunya Jadi Pusat Karantina Haji Pertama di Indonesia

Penetapan ini memastikan bahwa umat Islam di Indonesia dan Arab Saudi dapat merayakan Idul Fitri secara bersamaan, memperkuat ikatan solidaritas dan persatuan dalam perayaan yang penuh makna ini.

Sementara itu, hasil pemantauan Rukyatul Hilal awal Syawal 1445 Hijriyah didapati bahwa ketinggian Hilal di langit Palembang mencapai 6 derajat 31 menit 37 detik di atas ufuk mar’i.

Meskipun hilal belum terlihat dikarenakan faktor cuaca, maka sudah bisa diperkirakan bahwa 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari esok, Rabu 10 April 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam Efriansyah usai melaksanakan pemantauan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 H di atas gedung Hotel Aryaduta Palembang, Selasa 9 April 2024.

“Pada saat matahari terbenam, menurut hisab, Hilal sudah di atas ufuk dengan ketinggian 6 derajat maka sore ini ada kemungkinan dapat di Rukyat. Namun untuk di kota Palembang Tidak dapat di Rukyat karena pengaruh cuaca,” Kata Syafitri.

Berdasarkan kriteria Imkanurrukyah Mabims (Menteri Agama Brunai, Indonesia, Malaysia dan Singapura) ketinggian Hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat, maka tanggal 1 Syawal 1445 H diperkirakan jatuh pada Rabu besok.

“Hasil pemantauan ini langsung kita sampaikan kepada Menteri Agama RI sebagai bahan rujukan pada sidang isbat penetapan 1 Syawal 1445 H. Hasilnya kita tunggu beberapa saat lagi,” tambah Syafitri.

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: