Honda

Fasilitas Nuklir Iran di Kota Isfahan Aman dari Serangan Israel, Siap Respon Balik dengan Rudal

Fasilitas Nuklir Iran di Kota Isfahan Aman dari Serangan Israel, Siap Respon Balik dengan Rudal

Fasilitas nuklir Iran di Kota Isfahan aman dari serangan Israel, siap respon balik dengan rudal.-pixabay-

"Pertahanan diaktifkan sebagai respons terhadap objek yang kemungkinan besar adalah drone," tutur seorang sumber kepada kantor berita FARS.

Israel sebelumnya telah berjanji akan merespons serangan Iran pada akhir pekan lalu sebagai balasan atas serangan udara terhadap kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024. 

Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa sudah meminta kepada Israel agar tidak merespons serangan Iran itu.

Serangan Israel ini menjadi tindakan yang mengancam akan mendorong wilayah tersebut lebih jauh ke dalam konflik.

Israel telah mempertimbangkan tanggapan terhadap serangan udara Iran pada akhir pekan yang menargetkan Negara Yahudi tersebut, yang sebagian besar berhasil dicegat.

Serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan kepada CNN dalam sebuah wawancara bahwa jika Israel mengambil tindakan militer lebih lanjut terhadapnya, maka hal itu akan dilakukan “segera dan pada tingkat maksimum.”

Menurut Al Jazeera, Isfahan adalah kota yang penting dan strategis yang menjadi tempat beberapa fasilitas penting termasuk barak dan gedung-gedung penelitian militer Iran. 

Adapun, Natanz, kota tetangga Isfahan, adalah salah satu daerah di mana fasilitas pengayaan Uranium/nuklir Iran berlokasi.

Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya ke wilayah Israel pada Minggu 14 April 2024 dini hari lalu. 

Serangan akhir pekan lalu itu balasan atas serangan Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah yang menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi Iran.

Iran mengatakan mereka sudah menganggap masalah ini selesai. 

Tetapi Israel berjanji merespons serangan Iran itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: