Honda

Resep Masakan Rumahan: Cara Membuat Semur Tahu Kecap, Kuah Kental dan Bumbu Meresap!

Resep Masakan Rumahan: Cara Membuat Semur Tahu Kecap, Kuah Kental dan Bumbu Meresap!

Resep Masakan Rumahan: Cara Membuat Semur Tahu Kecap, Kuah Kental dan Bumbu Meresap!-Cookpad-

PALPRES.COM - Semur, menu masakan khas Indonesia satu ini memang sangat digandrungi dengan olahan daging rebus dengan siraman kuah berwarna cokelat pekat dari kecap manis.

Penggunaan dari kecap manis ini yang akan menjadi bahan utama dalam pembuatan semur, sebab akan memperkuat cita rasa yang sangat khas dan menciptakan warna cokelat.

Semur sendiri berasal dari kata "Smoor" dalam bahasa Belanda yang memiliki makna hidangan yang direbus dengan perlahan menggunakan tomat dan juga bawang.

Pada umumnya, semur akan terbuat dari kentang dan daging, namun dengan semakin berkembangnya zaman maka kreasi dari hidangan satu ini terus dilakukan.

BACA JUGA:Resep Dessert Lumer: Cara Membuat Muffin Cokelat yang Lembut dan Legit, Mudah Dibuat Tanpa Mixer!

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Ragit Kuliner Khas Palembang yang Enak dan Mudah

Salah satu yang digemari ialah semur tahu.

Semur ini pun memiliki sejarahnya sendiri, yaitu konon hidangan daging rebus yang ditambahkan ke berbagai bumbu di Indonesia telah dikenal sejak lama pada abad ke-9 Masehi.

Yang diketahui dari beberapa prastasi yang ditemukan, seperti relief candi, dan kakawin di Jawa yang menuliskan “Ganan, hadanan prana wedus”.

Kalimat tersebut bermakna sayuran kerbau dan kambing, namun belum bisa ditentukan apakah hidangan daging kerbau dan kambing ini adalah hidangan yang serupa dengan semur atau bukan.

BACA JUGA:Kaya Rempah! Begini Resep Membuat Mie Goreng Aceh, Perpaduan Bumbu dan Mie yang Menggugah Selera

BACA JUGA:Ide Bekal Sekolah Si Kecil: Resep Membuat Nugget Ayam Sederhana, Praktis dan Menyehatkan!

Indonesia yang dikenal penghasil rempah-rempah terbesar pun menarik minat para pedagang dari berbagai bangsa untuk datang berkunjung dalam melakukan ekspedisi.

Pedagang dan pendatang pun masing-masing membawa budaya yang kemudian beradaptasi dengan keseharian masyarakat Indonesia saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: