Honda

Bukannya Ditutupi, Shin Tae-yong Malah Bocorkan Kelemahan Timnas Indonesia Jelang Lawan Irak, Ini Katanya

Bukannya Ditutupi, Shin Tae-yong Malah Bocorkan Kelemahan Timnas Indonesia Jelang Lawan Irak, Ini Katanya

Shin Tae-yong bocorkan kelemahan Timnas Indonesia jelang lawan Irak. Ia bilang begini. -pssi-

PALPRES.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong justru membocorkan kelemahan timnya jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Irak dan Filipina di bulan Juni mendatang. 

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, kelemahan Timnas Indonesia ada pada para pemainnya. 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan tersisa di grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Pertandingan lawan Irak berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024 dan lima hari kemudian menghadapi Filipina pada 11 Juni 2024. 

Kedua laga itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

BACA JUGA:4 Fakta Menarik Tanzania, Lawan Uji Coba Timnas Indonesia di FIFA Matchday

BACA JUGA:Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia dan Thailand Bakal Segrup, Vietnam Cemas

Timnas Indonesia saat ini bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Grup F putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Anak asuh Shin Tae-yong mengoleksi nilai 7. 

Hasil itu diraih skuad Garuda usai memenangi dua pertandingan atas Vietnam, sekali seri dengan Filipina, hingga takluk atas pemuncak klasemen, Irak. 

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci posisi runner-up grup F, sekaligus lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

BACA JUGA:Jelang Timnas Indonesia vs Irak, Ini Pesan Marc Klok untuk Skuad Garuda

BACA JUGA:Pelatih Irak Gemetar Lihat Timnas Indonesia yang Berbeda, Mereka Kini...

Di lain sisi, para penggemar berharap efek domino dari turnamen selanjutnya bisa menular ke penampilan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Sebelumnya, skuad Shin Tae-yong berhasil mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk kali pertama sejak berpartisipasi pada 1996. 

Bahkan, prestasi lebih baik diraih Timnas Indonesia ketika mencapai semifinal Piala Asia U-23 di keikutsertaan pertama mereka dalam turnamen tersebut. 

Pasukan Shin Tae-yong hampir saja memecahkan sejarah dengan lolos ke Olimpiade Paris 2024, apabila tidak ditumbangkan Guinea di play-off antar benua. 

BACA JUGA:Jam Kick-off Timnas Indonesia vs Irak Berubah Sore Hari, Media Vietnam: Shin Tae-yong Punya Skenario Jahat

BACA JUGA:Sulit Masuk Timnas Italia di Euro 2024, Emil Audero Kapan Gabung Timnas Indonesia?

Serangkaian kesuksesan Timnas Indonesia akhirnya membuat mereka melesat drastis di ranking FIFA dari yang sebelumnya pada urutan 173 menjadi 134. 

Lonjakan peringkat Timnas Indonesia terjadi sejak dilatih oleh Shin Tae-yong pada tahun 2020. 

Berkaca dari capaian tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjanjikan Shin Tae-yong perpanjangan kontrak membesut Timnas Indonesia hingga 2027. 

Namun, Shin Tae-yong justru mengungkap kelemahan timnya ke publik. 

Menurut dia, persoalan terbesar yang tengah ditangani olehnya bersama staf kepelatihan Timnas Indonesia saat ini adalah soal komunikasi. 

Ternyata komunikasi antarpemain di lapangan tidak berjalan sesuai harapan Shin Tae-yong. 

Inilah yang jadi persoalan bagi timnya.

“Memang kendala terbesarnya adalah komunikasi. Orang Indonesia sangat baik satu sama lain sehingga di lapangan pemain tidak bisa memberikan peringatan kepada rekan satu timnya,” kata Shin Tae-yong dikutip dari TheThao247. 

Menurut Shin Tae-yong, pemain lokal Timnas Indonesia masih ada rasa sungkan terhadap penggawa skuad Garuda lainnya. 

Hal inilah yang membuat para pemain merasa tidak enak apabila ingin menegur rekan setimnya saat situasi pertandingan sedang kurang bagus.

“Ketika situasinya kurang baik, komunikasinya harus memberi peringatan kepada rekan satu tim. Tapi orang Indonesia masih malu-malu terhadap pemain lain, itu jadi tantangan buat saya,” tambahnya. 

Sejauh ini, hanya Nathan Tjoe-A-On yang berani menegur sesama pemain Timnas Indonesia.

Itu ia tunjukkan di Piala Asia U-23 pada awal Mei 2024. 

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi pemainnya yang tidak mengeluh ketika diberikan taktik maupun bertambahnya menu latihan. 

“Saya sangat mengapresiasi para pemain karena mereka selalu mengikuti instruksi saya. Meski banyak latihan dan taktik, mereka tetap mengikutinya tanpa mengeluh,” tegasnya. 

“Itu yang membantu sepak bola Indonesia berkembang dan saya sangat bangga dengan pemain Timnas Indonesia saat ini,” pungkasnya.

Timnas Indonesia bakal menjamu Irak di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta dalam lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis, 6 Juni 2024mendatang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: