Honda

Soft Launching PLTMH di SDN 14 Rantau Dedap Muara Enim, Kolaborasi UMP dan Alumni

Soft Launching PLTMH di SDN 14 Rantau Dedap Muara Enim, Kolaborasi UMP dan Alumni

Momentum kolaborasi pemasangan pipa instalasi PLTMH di kawasan Rantau Dedap, oleh mahasiswa, dosen UMP dan Alumni Momentum kolaborasi pemasangan pipa instalasi PLTMH di kawasan Rantau Dedap, oleh mahasiswa, dosen UMP dan Alumni -SMSI-

MUARA ENIM, PALPRES.COMPLTMH kolaborasi UMP dan Alumni selesai dibangun.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang dibangun oleh mahasiswa dan dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), resmi dilaunching Selasa 4 Juni 2024

Dengan selesainya instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro itu, maka aliran listrik bisa dinikmati oleh siswa SD Negeri 14 Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim.

Listrik bisa mengalir ke sekolah tersebut, dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang dibangun oleh mahasiswa dan dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

BACA JUGA:Tak Pernah Didaki Manusia, Gunung Suci Ini Dipercaya Tempat Tinggal Dewa Siwa, Kamu Tahu?

BACA JUGA:Ditakuti Bangsa Siluman, Inilah Ajian Jolo Sutro Raden Kian Santang, Setara Ajian Qulhu Geni Sunan Ampel?

Sejumlah perusahaan turut serta mendukung proses intalasi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, yang dilakukan pekan ini. 

Sebagai ungkapan wujud syukur atas masuknya aliran listrik yang begitu didambakan para siswa dan guru SDN 14 Rantau Dedap, sejumlah warga juga ikut hadir dalam acara launching selesainya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024. 

Kepala SD Negeri 14 Rantau Dedap, Zul Fikri dalam kesempatan itu, memberikan apresiasi yang besar atas kolaborasi yang dilakukan pihak Kampus UMP, Mahasiswa, dosen, alumni, dan beberapa perusahaan, hingga para siswa bisa belajar dengan nyaman.

Diakui Zul FIkri, selama ini kegiatan belajar dan mengajar para siswa dan guru SDN 14 Rantau Dadap dilakukan seadanya karena tak ada aliran listrik.

Dengan sudah masuknya listrik ke sekolah, menurut Zul Fikri, pastinya anak-anak akan semakin semangat dalam belajar.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Komjen Pol M Jasin, Pahlawan Sekaligus Panutan Institusi Kepolisian Repubilk Indonesia

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Terus Kenalkan Gerakan Serentak di Sumatera Selatan dan Produk Kopi Sumsel di Setiap Waktu

"Karena dengan sudah adanya listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, maka kami bisa mengakses informasi dari internet guna menambah literasi dan referensi dalam belajar," katanya. 

Diketahui, untuk mewujudkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro hingga bisa mengalirkan listrik ke SDN 14 Rantau Dadap Medan, bukan perkara yang mudah.

Soalnya, medan terjal dan akses yang terbilang sulit, menjadi tantangan para mahasiswa dan dosen dalam proses pemasangan instalasi listrik yang memiliki kapasitas 10 Megawatt tersebut.

Namun keinginan melihat anak-anak SDN 14 Rantau Dadap bisa belajar normal layaknya anak-anak lain yang sekolahnya dialiri listrik, 32 mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik UMP dipimpin dosen yang juga pakar mikro hidro, Zulkifli Saleh, tak kenal putus asa.

BACA JUGA: Prilakunya Seperti Matahari, Ini Rahasia Weton Kelahiran Rabu Kliwon Menurut Primbon Jawa

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru PT Astra Otoparts Tbk Untuk SMA SMK Semua Jurusan

Mereka bertekat menembus rintangan itu, untuk bisa mewujudkan mimpi anak-anak SDN 14 Rantau Dadap.

Zulkifli Saleh berharap, listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, tak hanya dimanfaatkan oleh pihak sekolah.

Masyarakat yang ada di sekitar sekolah, juga bisa mendapatkan manfaat dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro tersebut.

Pasalnya, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang dibangun ini merupakan wujud dari komitmen Universitas Muhammadiyah Palembang dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Mengenal Negara Slovenia yang Mengakui Negara Palestina, 5 Persen Penduduknya Beragama Muslim

BACA JUGA: ‘Kartu Immunity’, Aturan Baru di Sang Juara 2024, Apa Sih Itu?

Dikatakan Zulkifli Saleh, terwujudnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro juga tak lepas dari dukungan alumni Fakultas Teknik, Edwin Mauladi. 

Sementara, Edwin Mauladi, alumni Fakultas Teknik UMP mengaku melihat bagaimana almamaternya bekerja keras dalam mengembangkan keilmuan pada sektor energi terbarukan.

Sehingga apa yang dilakukan civitas akademika UMP dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro bagi siswa SDN 14 Rantau Dadap, perlu juga mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak. 

“Kami selaku alumni merasa terpanggil untuk turun membantu. 

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Raih 7 Penghargaan Best Of The Best di Ajang APQA 2024

BACA JUGA:Ini Para Petinggi Hamas yang Jadi Target Operasi Militer Israel

Patut disyukuri, kerja keras ini juga  mendapat dukungan dari pihak lain, termasuk PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD)," kata Edwin. 

Edwin yang juga sempat ikut dalam proses pemasangan instalasi di areal terjal di kawasan tersebut, mengaku bangga dengan almamaternya yang dikomandoi oleh dosen Zulkifli Saleh. 

Dia berharap, apa yang dilakukan almamaternya dapat ikut membangun desa yang selama ini belum tersentuh.

Sedangkan Hazairiadi, Site Support Superintendent PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD) melalui Jhanson Parliatan dari Divisi External Relation, menyebut bahwa upaya gotong royong yang dilakukan oleh UMP ini patut dicontoh. 

BACA JUGA:Tembus 2 Jutaan Perekor, 6 Lovebird Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis

BACA JUGA:Sambut Libur Sekolah, Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket Hingga Rp800 Ribu, Ini Rute Lengkapnya

Dikatakan Jhanson Parliatan, kegiatan ini menunjukkan bagaimana perhatian para akademisi, kampus dan alumni, dalam mengupayakan kemajuan sektor pendidikan dan infrastruktur, khususnya di Rantau Dadap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smsi