Honda

Pimpin SSDN PPRA Lemhanas Angkatan 67, Komjen RZ Panca Simanjuntak Apresiasi Kapolda Kelola Kamtibmas

Pimpin SSDN PPRA Lemhanas Angkatan 67, Komjen RZ Panca Simanjuntak Apresiasi Kapolda Kelola Kamtibmas

Komjen RZ Panca Simanjuntak memimpin rombongan peserta Lemhanas PPRA Angkatan 67 tahun 2024 ke Polda Sumsel. Kunjungan ini berlangsung pada Selasa, 11 Juni 2024--Humas Polda Sumsel

PALEMBANG, PALPERS.COMKomjen RZ Panca Simanjuntak memimpin rombongan peserta Lemhanas PPRA Angkatan 67 tahun 2024 ke Polda Sumsel.

Kunjungan ini berlangsung pada Selasa, 11 Juni 2024

Kegiatan SSDN bagi peserta Lemhanas PPRA 67 sendiri dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 10 hingga 13 Juni 2024 dilaksanakan diempat provinsi diantaranya Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Banten.

Dalam sambutannya, Sestama Lemhanas RI Komjen Pol Drs R.Z. Panca Putra S., M.Si yang merupakan mantan Kapolda Sumatera Utara ini mengatakan Lemhanas RI adalah lembaga pemerintah non-kementerian.

BACA JUGA:Kedatangan Lemhanas RI PPRA Angkatan 67, Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo Beberkan Situasi Kamtibmas Sumsel

BACA JUGA:Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Tindaklanjut Laporan di Aplikasi ‘Banpol’ Polda Sumsel Capai 99,6 Persen

Dimana kedudukan Lemhanas berada di bawah Presiden RI dan bertanggung jawab kepada Presiden.

“Menjadi salah satu tugas dan juga fungsinya menjalankan pendidikan, penyiapan kader dan juga pemantapan pimpinan tingkat nasional.

Yang berpikir komprehensif, integral, holistik, integratif dan profesional serta memiliki watak moral dan etika kebangsaan, negarawan, berwawasan nusantara serta mempunyai cakra wala pandang yang universal,” katanya.

Rangkaian kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) kali ini merupakan bagian dari kegiatan praktik lapangan yang harus dilaksanakan oleh peserta.

BACA JUGA:Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas

BACA JUGA:Polda Sumsel Ikuti Dialog Wawasan Kebangsaan di Tubuh Polri, Persiapan Menyongsong Indonesia Emas

Dimana kegiatan diisi dengan kunjungan studi dengan tujuan orientasi peningkatan kemampuan analisis terhadap berbagai permasalahan di daerah dan untuk mempraktekkan seluruh teori.

Serta wawasan menjadi suatu produk karya tulis ilmiah berbentuk esai seperti kajian atau rekomendasi kebijakan terkait dinamika pembangunan nasional yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan.

“Para peserta yang nantinya menjadi calon pemimpin di tingkat nasional, diharapkan mampu mengintegrasikan kerjasama antar seluruh unsur baik sipil maupun militer dalam penyelenggaraan pemerintahan negara,” katanya.

Komjen Panca mengatakan, merupakan kebanggaan bagi Lemhanas bisa mengukur indeks ketahanan nasional termasuk ketahanan daerah, yang hasilnya bisa diminta oleh pemerintah daerah setempat termasuk oleh Polda Sumatera Selatan.

BACA JUGA:75 Lokasi Illegal Refinery di Musi Banyuasin Dibongkar, Sinergi Tim Gabungan Polda Sumsel dan Kodam II SWJ

BACA JUGA:Wakapolda Sumsel Gelar Rapat Persiapan, Sambut Kedatangan SSDA PPRA LXVII Lemhanas RI dan HUT Bhayangkara

“Sebagai alat ukur dan untuk mengetahui mana yang perlu kita benahi, akan kelihatan dari berbagai aspek astagatra yang melingkupinya baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, untuk membantu perbaikan dan peningkatan kerja seluruh lembaga yang ada di Sumatera Selatan. 

Indeks ketahanan daerah yang meliputi aspek astagatra, geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan sebagai hasil pengukuran lembaga ketahanan nasional,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: