Honda

Euro 2024: Prediksi dan Preview Pertandingan Belgia vs Slovakia

Euro 2024: Prediksi dan Preview Pertandingan Belgia vs Slovakia

Belgia menjadi unggulan untuk memulai match pertama di Euro 2024 dengan mengalahkan Slovakia--kolase

PALPRES.COM - Pertandingan Grup E Euro 2024 antara Belgia vs Slovakia akan digelar malam ini di Frankfurt Arena, berikut ini prediksi dan preview serta kekuatan kedua Negara ini.

Catatan Penting Statistik Belgia vs Slovakia:

  • Belgia menjadi unggulan untuk memulai match pertama di Euro 2024 dengan persentase kemenangan atau mengalahkan Slovakia mencapai 61,5% dalam simulasi pra-pertandingan superkomputer Opta.

  • Slovakia memenangkan tujuh dari 10 pertandingan mereka di babak kualifikasi, hanya dikalahkan oleh Portugal.

  • Belgia belum pernah meraih hasil imbang dalam 17 pertandingan terakhir mereka di Kejuaraan Eropa. Sembilan kali menang dan 8 kali kalah.

Mungkinkah ini merupakan kesempatan terakhir untuk meraih gelar juara bagi 'Generasi Emas' Belgia? Domenico Tedesco memimpin Belgia menuju Euro 2024 dengan harapan dapat memperbaiki penampilan mereka akhir-akhir ini.

BACA JUGA:Ukraine Full of Spirit Jelang Match Pembuka Grup E Romania vs Ukraine Euro 2024

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup C Euro 2024: Serbia vs Inggris, Gol Bellingham Bawa The Three Lions Petik 3 Poin

Sejak mereka dikalahkan finalis melawan Jerman Barat pada tahun 1980 (hasil terbaik mereka di turnamen), Belgia belum pernah mencapai semifinal Kejuaraan Eropa, dan tersingkir di perempat final dalam dua edisi terakhir.

Pertandingan pertama mereka di Grup E adalah menghadapi Slovakia di Frankfurt, dengan tim asuhan Francesco Calzona yang berpotensi menjadi lawan yang sulit.

Slovakia memenangkan tujuh pertandingan di babak kualifikasi, rekor terbanyak dalam satu grup kualifikasi untuk sebuah turnamen besar, dengan hanya dua kekalahan dalam musim ini, keduanya terjadi saat menghadapi pemuncak klasemen, Portugal.

Belgia memuncaki grup kualifikasi Euro 2024 mereka sendiri dengan 20 poin, menjadikannya enam kali berturut-turut mereka finis di posisi pertama dalam pertandingan kualifikasi untuk turnamen besar.

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup D Euro 2024: Polandia vs Belanda, Gol Wout Weghorts Bawa De Oranje Menang 2-1

BACA JUGA:5 Pemain Timnas Indonesia Bakal Tersingkir Jika Pemain Diaspora Masuk di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Mereka juga memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam pertandingan kualifikasi (Piala Dunia dan Euro) menjadi 40 pertandingan. Menang 35 kali dan Seri 5 kali.

Ini akan menjadi turnamen internasional besar pertama bagi Tedesco sebagai seorang manajer. Pada usia 38 tahun, ia akan menjadi manajer Belgia termuda di turnamen besar, memecahkan rekor Jack Butler dari Piala Dunia 1938 (43 tahun).

Melihat Romelu Lukaku, Tedesco akan memiliki seorang penyerang yang baru saja menjalani musim yang luar biasa, di mana ia mencetak 21 gol dalam 47 pertandingan di semua kompetisi sebagai pemain pinjaman di Roma.

Lukaku juga merupakan pencetak gol terbanyak Belgia di turnamen besar dengan 11 gol dalam 22 pertandingan (Piala Dunia dan Euro).

BACA JUGA:Hasil Laga Grup C Euro 2024: Slovenia vs Denmark, Duel Sengit Terjadi, Hasil Akhir Imbang 1-1

BACA JUGA:Shin Tae-yong Pilih Jalan Panjang Lolos ke Piala Dunia 2026, Bukan Langsung Lolos di Putaran Ketiga Zona Asia

Ia merupakan pencetak gol terbanyak di babak kualifikasi, dengan 14 gol dari delapan pertandingan, mencetak gol rata-rata setiap 39 menit dan mengonversi hampir setengah dari 29 tembakan. Tidak heran jika ia menjadi salah satu favorit untuk meraih Sepatu Emas turnamen.

Lukaku juga tidak akan kekurangan amunisi. Tidak ada pemain Eropa yang memberikan lebih banyak asis di turnamen internasional besar sejak Piala Dunia 2014 dibandingkan dengan sembilan asis Kevin De Bruyne (5 di Kejuaraan Eropa, 4 di Piala Dunia).

Di sisi lain, Ini akan menjadi penampilan keempat Slovakia di turnamen besar sejak bubarnya Cekoslowakia. Mereka tidak pernah melaju lebih jauh dari babak 16 besar, dan hanya memenangkan dua dari tujuh pertandingan di turnamen Kejuaraan Eropa (D1 L4).

Kemenangan tersebut diraih saat melawan Rusia di Euro 2016 dan Polandia di Euro 2020. Mereka juga gagal mencetak gol dalam empat dari lima pertandingan terakhir mereka di kompetisi ini.

BACA JUGA:Euro 2024: Prediksi dan Preview Polandia vs Belanda

BACA JUGA:Euro 2024: Prediksi dan Preview Serbia vs Inggris

Tidak ada tim yang kebobolan lebih banyak gol melalui bola mati dibandingkan Slovakia dalam dua turnamen Euro terakhir (7, dari total 13 gol kebobolan).

Mereka akan berharap bahwa pilihan pemain bertahan seperti Milan Skriniar dan David Hancko dapat membantu mereka tampil lebih solid kali ini.

Hancko juga dapat menjadi ancaman di sisi lain. Sang pemain bertahan Feyenoord terlibat dalam lebih banyak gol untuk Slovakia di babak kualifikasi dibandingkan pemain lainnya (2 gol, 3 asis), dan juga menciptakan peluang terbanyak dibandingkan pemain Slovakia lainnya (17).

Belgia melakukan pemanasan untuk Euro 2024 dengan kemenangan persahabatan atas Montenegro (2-0) dan Luksemburg (3-0), sedangkan Slovakia menghancurkan San Marino (4-0) dan Wales (4-0).

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Senam Bagi Kesehatan Tubuh Anda, Ayo Dicoba!

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup B Euro 2024, Spanyol Menang Besar Atas Kroasia, Italia Berhasil Taklukkan Albania

Head to Head Belgia vs Slovakia

Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua negara dalam pertandingan kompetitif. Mereka sebelumnya telah berhadapan dalam tiga pertandingan persahabatan.

Belgia dan Slovakia bermain imbang 1-1 di tahun 2002 dan sekali lagi di tahun 2006, dengan pertandingan terakhir mereka terjadi di tahun 2013 ketika the Red Devils menang 2-1.

Terdapat sebuah klimaks yang dramatis di Brugge setelah Eden Hazard membawa tuan rumah unggul lebih dulu melalui tendangan penalti di menit ke-10.

Pemain pengganti, Richard Lásik, menyamakan kedudukan untuk Slovakia di menit ke-88, sebelum pemain pengganti lainnya, Dries Mertens, memenangkan pertandingan untuk Belgia dua menit kemudian.

BACA JUGA:Hasil Pertandigan Euro 2024, Hungaria vs Swiss: La Nati Menang 3-1, Tempel Jerman di Klasemen Grup A

BACA JUGA:GAWAT! Timnas Indonesia Tanpa 2 Pemain Andalannya di Laga Perdana Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Prediksi Belgia vs Slovakia

Belgia diperkirakan akan memulai Turnamen Euro 2024 mereka dengan kemenangan di Frankfurt, mengalahkan Slovakia dalam 61,5% dari 10.000 simulasi pra-pertandingan yang dilakukan oleh superkomputer Opta.

Anak asuh Calzona menghasilkan apa yang dianggap sebagai kemenangan yang mengecewakan dalam 18,9% dari waktu, sementara hasil imbang terjadi dalam 19,6% simulasi.

Hal tersebut merupakan hasil yang cukup menarik ketika kamu mempertimbangkan bahwa tidak satupun dari 17 pertandingan terakhir Belgia di Kejuaraan Eropa yang berakhir dengan hasil imbang (W9 L8), sebuah catatan yang dimulai dari kekalahan terakhir mereka di final tahun 1980 atas Jerman Barat.

Sejauh menyangkut grup, Belgia juga merupakan favorit kuat untuk melaju, mencapai babak 16 besar dalam 90% simulasi, dan memuncaki Grup E dengan 53,1% dari mereka. Slovakia memiliki peluang yang sedikit lebih baik dari 50-50 untuk lolos, mencapai babak sistem gugur di 51,1% simulasi.

BACA JUGA:Pertandingan Euro 2024 Hari Ini, Head to Head Hungaria vs Swiss

BACA JUGA:Justin Hubner Tidak Pernah Menyesal Bela Timnas Indonesia, Sebut Ini Keputusan Terbaiknya

Prediksi Susunan Pemain Belgia vs Slovakia

euro 2024 Grup E Belgia vs Sovakia--kolase

Skuat Belgia vs Slovakia

Belgia

Koen Casteels, Matz Sels, Thomas Kaminski, Arthur Theate, Axel Witsel, Jan Vertonghen, Maxim De Cuyper, Thomas Meunier, Timothy Castagne, Wout Faes, Zeno Debast, Amadou Onana, Arthur Vermeeren, Aster Vranckx, Kevin De Bruyne, Orel Mangala, Youri Tielemans, Charles De Ketelaere, Dodi Lukebakio, Jeremy Doku, Johan Bakayoko, Leandro Trossard, Lois Openda, Romelu Lukaku, Yannick Carrasco.

Pelatih kepala: Domenico Tedesco

Slovakia

 Matus Bero, Ondrej Duda, Patrik Hrosovsky, Stanislav Lobotka, Tomas Rigo, Tomas Suslov, David Duris, David Strelec, Ivan Schranz, Leo Sauer, Lubomír Tupta, Lukas Haraslín, Robert Bozeník.

Pelatih kepala: Francesco Calzona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: