Honda

Pemkab Muba Ikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, Ini Tujuannya

Pemkab Muba Ikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, Ini Tujuannya

Jajaran Dinkominfo Muba saat mengikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024-Dinkominfo Muba-

SEKAYU, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) mengikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024. 

Kegiatan evaluasi ini merupakan bagian dari komitmen BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, kepada kementerian/lembaga (K/L) dan Daerah Baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP melalui Statistisi Ahli Pertama Dinkominfo Kabupaten Muba Mustito SPd mengatakan, acara evaluasi ini bertujuan untuk mengukur capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan penyelenggaraan kegiatan statistik sectoral.

Dengan cara mengukur tingkat kematangan (Maturity Level) dari penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah, yang direpresentasikan dalam bentuk nilai indeks pembangunan statistik di Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Ikuti Evaluasi Smart City Tahap I di Bali, Ini Komitmen Pemkab Muba

BACA JUGA:Dukung Pelestarian hingga Ajak UMKM Binaan Naik Kelas, Kilang Pertamina Plaju Raih 2 Penghargaan di ISRA 2024

"Semoga kegiatan Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,"ungkapnya. 

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Muba melalui Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Muba Irma Santi Dewi ST menyampaikan, Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) adalah proses penilaian secara sistematis melalui verivikasi dan validasi informasi.

Terhadap hasil penilaian mandiri, untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral. 

Tujuan dilakukan kegiatan evaluasi penyelenggaraan statistik sectoral, untuk mengukur capaian penyelenggaraan satu data Indonesia dan penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral.

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal dan Sungai Parung Terbakar Telan Korban Jiwa? Ini Penjelasan Kasat Reskrim Muba

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini 29 Juni 2024 untuk Wilayah Palembang dan Sekitarnya

Dengan cara mengukur tingkat kematangan (maturity level) dari penyelenggaraan statistik sectoral, pada instansi pusat dan pemerintah daerah yang direpresentasikan dalam bentuk nilai indeks pembangunan statistik. 

Pemkab Muba telah melakukan uji coba EPSS di tahun 2022, dengan pilot project Dinas Kesehatan Muba dan Dinkominfo Muba," tandasnya.

Evaluasi Smart City

Sebelumnyam Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, mengikuti Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I Tahun 2024. 

BACA JUGA:CEK ATM SEKARANG! Dana Bansos PKH Cair LagI Khusus Ke Rekening Ini, Apakah BLT MRP Sudah Cair?

BACA JUGA:Kenapa Anak Muda Sangat Suka Yamaha NMAX 155, Tenyata Ini Alasannya

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari progres hasil rekomendasi dari Tim Asesor kepada 241 Kota/kabupaten, yang terpilih pada periode 2017-2023. 

Kegiatan ini dilaksanakan di The Meru Sanur Hotel - Bali, Kamis 27 Juni 2024.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili oleh Sekretaris Dinkominfo Daud Amri SH mengatakan, kegiatan Evaluasi Tahap I ini bertujuan untuk mengkonfirmasi dari jawaban - jawaban yang telah disampaikan sebelumnya melalui Aplikasi Evaluasi Smart City.

"Pertanyaan yang disampaikan Tim Asesor terkait dengan kemajuan penerapan 6 Dimensi Smart City di Kabupaten Musi Banyuasin diantaranya pada Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment,"ungkapnya.

BACA JUGA:Update Pencairan Bansos Per 29 Juni 2024, 3 BLT Ini Cairkan Per KK Bisa Dapat Dana Bansos Dobel Loh!

BACA JUGA:Bawaslu Peringatkan ASN untuk Tidak Berpihak Dalam Pilkada Serentak 2024

Selanjutnya, Pemkab Muba akan dilakukan Evaluasi Tahap II yang akan diagendakan pada November mendatang. 

"Untuk itu diharapkan mempersiapkan seluruh data dukung, yang dapat memberikan penjelasan terkait program-program unggulan di Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. 

Pemkab Muba bakal terus berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan publik,"tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba