Honda

QRIS BSB Mobile jadi Andalan Milenial dan Gen Z, Belanja Tinggal Scan, Top Up Apa Aja Lebih Mudah

QRIS BSB Mobile jadi Andalan Milenial dan Gen Z, Belanja Tinggal Scan, Top Up Apa Aja Lebih Mudah

Sejumlah peserta melakukan transaksi menggunakan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Ahad, 30 Juni 2024. Pada event Ampera tourism run 2024 Bank Sumsel Babel hadir dengan fitur layanan BSB Mobile untuk memudahkan nasabah bertransaksi leb-Alhadi Farid/palpres.com-

PALEMBANG,PALPRES.COM-  Bank Sumsel Babel (BSB) terus mengembangkan layanan digital yang memberikan kemudahan akses perbankan menjangkau semua kalangan tidak terkecuali bagi Milenial dan Gen Z

Apalagi saat ini Bank Sumsel Babel telah memperkaya fitur layanan mobile banking BSB Mobile untuk memudahkan nasabah bertransaksi lebih fleksibel. 

Salah satunya menghadirkan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu bentuk dukungan Gerakan Nasional Non Tunai. 

Sejak meluncurkan fitur QRIS pada tahun 2020 lalu, jumlah nasabah pengguna layanan mobile banking Bank Sumsel Babel semakin meningkat. 

BACA JUGA:1 Dekade Bank Sumsel Babel Raih Penghargaan Bidang Layanan dari Infobank

BACA JUGA:Ratusan Peternak Sapi di Bangka Belitung Sudah Rasakan Manfaat KUR Bank Sumsel Babel

Tercatat hingga 27 Juni 2024 jumlah pengguna mobile banking Bank Sumsel Babel mencapai 229.805 pengguna. 

Pemimpin Divisi Pengembangan Produk dan Pemasaran (PPM) Bank Sumsel Babel, Azhari mengatakan, layanan mobile banking Bank Sumsel Babel memang terus dikembangkan mengikuti perkembangan zaman dan era digital saat ini. 

Selain fokus membangun daerah melalui produk-produk unggulan mulai dari memberikan kredit produktif bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Bank Sumsel Babel juga terus mengembangkan teknologi digital untuk diadopsi dalam produk-produknya guna memberikan layanan perbankan yang inklusif dan mudah diakses bagi generasi milenial dan gen Z. 

"Kami menyadari kebutuhan generasi muda seperti milenial dan Gen Z akan produk perbankan saat ini adalah kemudahan akses, sehingga kami memusatkan pada pendekatan-pendekatan yang menarik serta efektif dalam menjangkau generasi muda,"ungkap Azhari.

BACA JUGA:Kisah Yeni, UMKM Binaan Bank Sumsel Babel Asal Muratara yang Sukses dengan Usaha Puding Kelapa DEGLA

BACA JUGA:Kerjasama Bank Sumsel Babel dengan Polda Bangka Belitung Perkuat Layanan Perbankan

Dengan hadirnya fitur QRIS pada aplikasi mobile banking Bank Sumsel Babel, semakin memudahkan nasabah untuk betransaksi tanpa perlu menggunakan kartu. 

Pengelola Komunikasi Produk Divisi Pengembangan Produk dan Pemasaran (PPM) Bank Sumsel Babel, Reza Rhamadany menambahkan, nasabah milenial dan Gen Z saat ini  paling banyak menggunakan fitur QRIS karena proses transaksi yang cepat dan flesibel. 

“Untuk segmen anak muda biasanya paling banyak menggunakan QRIS, selain itu juga mereka biasa mengakses mobile banking untuk top up GoPay, isi pulsa dan berbagai kebutuhan lainnya,”jelas Reza Rhamadany. 

Reza menerangkan, generasi Y atau Milenial yang mengakses QRIS Bank Sumsel Babel mencapai 50 persen dari total pengguna mobile banking BSB disusul Generasi X (kelahiran 1965-1980) 27,3 persen dan Generasi Z (Kelahiran 1997-2012) 15 persen atau sekitar 30 ribu pengguna dan terakhir Baby Boomer sebanyak 8,5 persen. 

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Salurkan Bantuan Penanganan Stunting ke Pemkab Bangka

BACA JUGA:Kolaborasi Bank Sumsel Babel dan Pemprov Sumsel Gelar Program Kurban Serentak se Sumatera Selatan

Bank Sumsel Babel juga terus berupaya melakukan pendekatan kepada Generasi Milenial untuk ikut mengakses layanan mobile banking Bank Sumsel Babel dan merasakan manfaatnya secara langsung. 

Untuk itulah, Bank Sumsel Babel menghadirkan berbagai program menarik seperti yang sedang berjalan saat ini adalah program aktivasi berhadiah langsung. 

“Jadi bagi nasabah yang akan membuka rekening Bank Sumsel Babel  dan langsung mengaktivasi mobile banking berkesempatan untuk  mendapat hadiah langsung dari fish ball yang kami sediakan. Program ini sudah berjalan sejak Januari 2024 lalu di seluruh cabang Bank Sumsel Babel,”terang Reza. 

Terbukti, sejak Januari hingga Juni 2024 terdapat peningkatan jumlah pengguna mobile banking. 

“Dari Januari-Juni ada peningkatan 31.788 aktivasi mobile banking baru dari target awal 45.000 pengguna atau meningkat 16 persen,”kata dia. 

Program ini lanjut Reza juga akan diperpanjang hingga Desember 2024 mendatang. 

Upaya lainnya yang dilakukan Bank Sumsel Babel adalah menyasar mahasiswa. 

“Dilihat dari tren transaksi top up dan QRIS yang cukup tinggi peningkatannya luar biasa, kami bahkan telah menghadirkan 10 program promo transaksi QRIS yang cocok untuk gen Z seperti mahasiswa,”sambungnya. 

Salah satunya adalah program Kantin digital menyasar kampus-kampus di Sumsel. 

“Kantin digital ini merupakan salah satu program yang akan kita kembangkan lebih luas dan menyasar lebih banyak lagi universitas. Caranya mudah, mahasiwa yang ingin makan di kantin yang melakukan pembayaran dengan mobile banking bank sumsel babel kita berikan diskon. Apalagi saat ini kita sudah bekerjasama dengan berbagai universitas di Palembang untuk pembayaran UKT,”paparnya. 

Rencananya program ini akan lebih dimasifkan lagi di lebih banyak universitas pada September-Desember 2024 mendatang. 

Layanan BSB Mobile dari Bank Sumsel Babel ini memberikan banyak fasilitas seperti informasi saldo, informasi Riwayat transaksi, transfer ke sesame Bank Sumsel Babel, Transfer antar bank, transfer sesame Bank Sumsel babel melalui QR Code, pembayaran, pembayaran merchant melalui QR Code, pembelian, cek saldo dan Riwayat transaksi uang elektronik BSB Cash, dan top up uang elektronik BSB Cash.

Mewujudkan visi menjadi bank terkemuka dan terpercaya dengan kinerja unggul berbasis layanan digital, tak hanya mobile banking, Bank Sumsel Babel juga turut menyempurnakan layanan internet banking. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: