Honda

Sering Halusinasi Bisa Saja Kamu Kena Penyakit Skizofrenia, Bagaimana Mengatasinya?

Sering Halusinasi Bisa Saja Kamu Kena Penyakit Skizofrenia, Bagaimana Mengatasinya?

jika kamu sering halusinasi bisa jadi kamu terkena penyakit skizofrenia, inilah beberapa cara mengatasinya--Istimewa

Ada berbagai pilihan perawatan yang efektif untuk orang dengan skizofrenia, dan ini termasuk pengobatan, psikoedukasi, intervensi keluarga, terapi perilaku kognitif, dan rehabilitasi psikososial (misalnya pelatihan keterampilan hidup).

Fasilitasi hidup dengan bantuan, perumahan yang didukung, dan pekerjaan yang didukung adalah pilihan perawatan penting yang harus tersedia untuk orang dengan skizofrenia. 

Pendekatan yang berorientasi pada pemulihan memberikan hak kepada orang untuk mengambil keputusan dalam perawatan sangat penting bagi orang dengan skizofrenia dan juga bagi keluarga dan/atau pengasuhnya.

Tanggapan WHO

Rencana Aksi Kesehatan Mental Komprehensif WHO 2013-2030 menyoroti langkah-langkah yang diperlukan untuk menyediakan layanan yang tepat bagi orang dengan gangguan mental termasuk skizofrenia.

Rekomendasi utama dari Rencana Aksi ini adalah mengalihkan layanan dari institusi ke komunitas. Inisiatif Khusus WHO untuk Kesehatan Jiwa bertujuan untuk memajukan kemajuan lebih lanjut terhadap tujuan Rencana Aksi Kesehatan Jiwa Komprehensif 2013-2030 dengan memastikan 100 juta orang lebih memiliki akses terhadap perawatan yang berkualitas dan terjangkau untuk kondisi kesehatan jiwa.

WHO's Mental Health Gap Action Programme (mhGAP) menggunakan panduan teknis berbasis bukti, alat bantu, dan paket pelatihan untuk memperluas layanan di berbagai negara, terutama di negara dengan sumber daya terbatas.

Program ini berfokus pada serangkaian kondisi yang diprioritaskan, termasuk psikosis, yang mengarahkan peningkatan kapasitas terhadap penyedia layanan kesehatan non-khusus dalam pendekatan terpadu yang mempromosikan kesehatan mental di semua tingkat perawatan.

Saat ini mhGAP sedang diimplementasikan di lebih dari 100 negara anggota WHO.

Quality Rights Project WHO melibatkan peningkatan kualitas perawatan dan kondisi hak asasi manusia di fasilitas kesehatan mental serta perawatan sosial, untuk memberdayakan organisasi dan mengadvokasi kesehatan orang dengan kondisi kesehatan mental serta disabilitas psikososial. 

Panduan WHO tentang layanan kesehatan jiwa komunitas dan pendekatan yang berpusat pada orang dan berbasis hak memberikan informasi dan dukungan kepada semua pemangku kepentingan yang ingin mengembangkan atau mengubah sistem dan layanan kesehatan jiwa mereka agar sesuai dengan standar hak asasi manusia internasional, termasuk Konvensi PBB tentang Hak-hak Penyandang Disabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: