Honda

Penggerak Peduli Lingkungan, Siswi SD Negeri 2 Sukajaya Muba Terpilih Local Hero PHE Jambi Merang

Penggerak Peduli Lingkungan, Siswi SD Negeri 2 Sukajaya Muba Terpilih Local Hero PHE Jambi Merang

Tim PHE Jambi Merang Melakukan Kunjungan ke SD Negeri 2 Sukajaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba.-Istimewa-

BACA JUGA:PHE Capai Kinerja Keberlanjutan yang Optimal Karena Konsisten Melakukan Ini

Aqila dan teman-temannya terus mendorong kesadaran diri karena melihat fenomena lahan yang sengaja dibakar untuk pembukaan lahan sehingga mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Sebagai duta penggerak lingkungan, Aqila melakukan pendampingan, pelatihan, dan penyuluhan bagi kelompok Penggerak Peduli Lingkungan.

Aqila mengorganisir program daur ulang di sekolahnya dengan melibatkan teman-teman dan guru untuk mengumpulkan sampah plastik dan kertas. 

Selanjutnya, ia memberikan pendampingan kepada teman-temannya tentang cara memilah sampah dengan benar.

BACA JUGA:Bijak Kelola Sampah dan Berdayakan Masyarakat, Mitra PHE ONWJ Raih Penghargaan Kalpataru

Selain itu, ia juga mengadakan pelatihan singkat tentang proses daur ulang, seperti pembuatan eco-brick atau kerajinan tangan lainnya. 

"Melalui program ini, lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan zero plastic," kata Aqila yang pernah memperoleh peringkat 1 kejuaraan silat di Kota Jambi. 

Melalui inovasi Program Sekolah Lestari Berbasis Teknologi (Kelas Berbagi), Aqila mendorong teman-temannya untuk turut serta menyukseskan setiap kegiatan tersebut. 

Kini, Aqila mampu menjadi motor utama penggerak program sekolah zero plastic serta mampu menularkan ke lingkungan sekitar.

BACA JUGA:PHE Catatkan Pertumbuhan Produksi Capai 8 Persen dalam 10 Tahun Terakhir

Atas kontribusinya terhadap lingkungan, selain ditunjuk sebagai Duta Adiwiyata, Aqila juga mendapat penghargaan Community Involvement and Development (CID) Upstream Award 2024 untuk kategori Best Local Hero dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream Pertamina. 

Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Arya Dwi Paramita, menilai Aqila adalah sosok pelajar Indonesia yang menginspirasi dan berprestasi. 

"Kepeduliannya terhadap lingkungan bisa menjadi contoh bagi teman, lingkungan, dan bagi kita semua," ujarnya.

"PHE peduli terhadap keberlanjutan dan dukungan ini merupakan wujud  implementasi komitmen aspek ESG (Environmental, Social, and Governance)," kata Arya menambahkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: