Honda

Ini 3 Lokasi Tambang Ilegal Batubara di Muara Enim yang Ditertibkan Tim Gabungan Polda Sumsel

Ini 3 Lokasi Tambang Ilegal Batubara di Muara Enim yang Ditertibkan Tim Gabungan Polda Sumsel

Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol M Zulkarnain SIK MSi memimpin penertiban tambang ilegal batubara di 3 lokasi wilayah Sumsel.-Humas Polda Sumsel-

Dari penertiban yang dilakukan berhasil diamankan beberapa barang bukti.

Seperti kendaraan, karung berisi batubara serta warga yang diduga melakukan aktivitas penambangan di Mapolres Muara Enim. 

Hingga pukul 19.30 WIB, beberapa tim masih melakukan penertiban tambang liar.

BACA JUGA:17 Polres Jajaran Polda Sumsel Ikuti Lomba Pocil, Ini Pesan Dirlantas Polda Sumsel

BACA JUGA:Wakapolda Sumsel Beri Arahan Dalam Latkatpuan Ops Mantap Praja 2024

Selain tambang ilegal batubara, dilakukan juuga penertiban lokasi tambang liar dan bangunan liar oleh tim gabungan.

Penutupan akses jalan kendaraan tambang liar ke lokasi tambang dengan membuat parit serta garis pembatas police line oleh pihak PTBA.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk penertiban tambang liar yang berada dalam IUP PTBA dan HGU PT BSP.

Kegiatan penambangan liar tersebut tentu sangat melanggar hukum untuk itu harus ditertibkan bersama-sama dengan stakeholder yang ada sehingga permasalahan ini bisa selesai. 

BACA JUGA:Satgas Gakkum Minyak dan Masakan Ilegal Muba Langsung Bertindak, Tutup 93 Sumur di Sungai Parung

BACA JUGA:Tancap Gas! Sub Satgas Gakkum Tutup 95 Sumur Ilegal Drilling dan Illegal Refinery di Musi Banyuasin

Sebab jika ini tidak ditertibkan tentu akan menganggu bahan baku kelistrikan untuk PLTU Suralaya, PLTU Bukit Asam dan PLTU Sumsel 8.

"Ini adalah PSN, maka kewajiban kita bersama menjaganya. Masa kita daerah lumbung energi namun kita memakai lilin," ujar Mantan Dirreskrimsus Polda Sumsel 

Lanjut Alumni Akpol 94, dari hasil penertiban dilapangan, memang ada beberapa barang bukti yang kita amankan dan nanti akan dikembangkan sehingga mengetahui siapa pemain dibelakangnya ditambang ilegal tersebut. 

Untuk kedepan akan terus kita awasi namun caranya masih rahasia. Tetapi untuk saat ini, kita sudah lakukan penertiban dan membuat jalur parameter sehingga penambang ilegal tidak bisa masuk kembali dalam lokasi tambang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: